Follow Us

Kenapa Sih Kita Selalu Bersendawa Kalo Minum Soda?

Alvin Bahar - Kamis, 08 Maret 2018 | 07:30
Minuman Bersoda
Alvin Bahar

Minuman Bersoda

HAI-ONLINE.COM - Setelah minum soda, nggak lama kemudian kita akan bersendawa. Namun, apa yang sebenarnya memicu sendawa tadi?

Dalam pemberitaan Live Strong, dikatakan bahwa sendawa setelah minum soda adalah penanda mekanisme tubuh sedang bekerja melepaskan kelebihan gas dalam sistem pencernaan kita.

Saat kita menelan makanan atau minuman, sebenarnya bukan cuma makanan atau air saja yang masuk ke dalam tubuh. Sejumlah udara yang mengandung nitrogen dan oksigen juga ikut masuk ke dalam tubuh.

Nah, beberapa minuman termasuk minuman bersoda, juga memiliki kandungan karbon dioksida. Hal inilah yang menyebabkan kita bisa bersendawa.

Cek: Jomblo dan Nggak Punya Binatang Peliharaan? Wah, Siap-siap Saja Sama Kesehatan Mental Kamu

Gelembung kecil dalam soda

Seperti yang kita tahu, soda merupakan minuman berkarbonasi yang memiliki gelembung-gelembung kecil. Gelembung-gelembung itu sebenarnya adalah sejumlah kecil karbon dioksida yang telah dicampur ke dalam air selama proses produksi minuman. Saat minuman bersoda diminum, maka karbon dioksida akan berkumpul di dalam perut.

Dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa semakin banyak soda yang diminum, maka akan semakin banyak gelembung karbon dioksida yang masuk ke sistem pencernaan.

"Saat gas dalam jumlah tertentu berkumpul, maka tubuh harus segera mengeluarkannya. Salah satu caranya adalah dengan bersendawa," tulis artikel tersebut.

Makan dan minum dengan sangat cepat

Saat seseorang meminum soda dengan sangat cepat, hal ini akan meningkatkan jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh saat kita meminumnya sehingga bukan nggak mungkin, kita bisa bersendawa dengan keras.

Hal yang sama juga terjadi saat kita menelan makanan dan minuman lain dengan cepat. Proses ini membuat lebih banyak udara berkumpul di dalam pencernaan dan membuat kita merasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan, dada, dan perut.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest