Follow Us

Pertanda Apa sih Bintik Putih Pada Kuku? Berikut Penjelasan Ilmiahnya!

Alvin Bahar - Sabtu, 25 November 2017 | 10:30
Contohnya gini
Alvin Bahar

Contohnya gini

HAI-ONLINE.COM - Pernah nggak sih kuku kamu ada bintik-bintik putih gitu? Nah, menurut mitos sih katanya kalau ada bintik putih pada kuku sebelah kanan tandanya ada yang suka sama kamu sedangkan bintik putih pada kuku sebelah kiri tandanya ada yang benci. Ternyata, itu semua keliru lho. Berikut HAI beri penjelasan secara ilmiah mengenai bintik putih pada kuku!

Bintik putih pada kuku memiliki nama ilmiah Leukonychia. Nah, hal ini dapat disebebakan oleh trauma karena ada luka di kuku. Selain itu, dapat terjadi karena efek samping atau alergi penggunaan cat kuku. Oiya, bintik putih pada kuku juga memberikan isyarat pada tubuh bahwa sebenarnya kita kekurangan vitamin dan kalsium.

Cek deh: Kalau Mau Mandi Di Jam-jam Ini Lebih Baik Jangan Deh. Malah Bahaya Untuk Kesehatan, bro!

Ternyata bintik putih juga memiliki berbagai jenis lho, antara lain:

1. Leukonychia totalis Leukonychia totalis, akan terjadi apabila kuku berwarna putih seluruhnya. Biasanya, hal ini berkaitan dengan suatu penyakit tertentu.

2. Leukonychia striata Leukonychia striata ditandai dengan warna putihnya akan nampak seperti garis yang sejajar dengan pangkal kuku.

3. Leukonychia punctate Nah, biasanya Leukonychia punctate yang paling sering kita jumpai. Ditandai dengan bintik putih kecilnya menyebar di bagian kuku.

4. Leukonychia partialis Leukonychia partialis adalah kondisi pemutihan kuku dalam bentuk titik-titik. Ternyata, kondisi ini dapat menjadi penyebab Leukonychia totalis.

5. Leukonychia longitudinal Kalau Leukonychia longitudinal merupakan suatu kondisi yang jarang ditemui. Hal ini ditandai dengan bentuknya garis putih kecil (1mm) yang membujur, dan terlihat di bawah lempeng kuku.

Dengan begitu, kamu sudah tau dong penyebab bintik putih pada kuku? (Kalika)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest