Follow Us

Ini 3 Cara yang Bisa Lo Lakukan Sebagai Anak Muda untuk Memberantas Korupsi

Fadli Adzani - Senin, 20 November 2017 | 01:30
SPEAK ( Suara Pemuda Anti Korupsi)
Fadli Adzani

SPEAK ( Suara Pemuda Anti Korupsi)

Indeks Perilaku Anti Korupsi (IPAK) Indonesia menurut Badan Pusat Statistik (BPS) naik loh dari 3.59 (2016) menjadi 3,71 (2017). Hal ini tentu kabar baik, bro. Karena semakin mendekati skala 5, semakin besar juga perilaku anti korupsi.

Nah, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memberantas korupsi atau bersikap anti korupsi sebagai anak muda.

Rangga Akbar Anggandara, Duta Politik Cerdas Berintegritas Nasional bilang nih setidaknya ada tiga cara yang bisa kita lakukan sebagai anak muda.

Pertama ialah perbanyak ibadah. Kalau sering ingat Tuhan, bakal takut berbuat perilaku koruptif. Selain itu, menurut Rangga terus perbaiki diri sendiri dan banyak belajar tentang nilai integritas.

Nggak cuma itu, cara kedua yang bisa kita lakukan itu membuat kegiatan seperti festival dan kampanye kreatif tenang anti korupsi atau integritas. Sebagai anak muda, kita bisa mengadakan workshop, seminar, bikin board games, perlombaan, vlog, bahkan meme. Anak muda pasti punya caranya tersendiri untuk mengemas acara menjadi menarik dan kreatif.

Paling penting, kegiatan tersebut harus berkelanjutan dan mengadakan diskusi rutin serta bersama. Coba deh untuk ajak dosen atau guru duduk bersama dengan anak-anak muda membahas masalah korupsi dan hal lain yang berkaitan. Setelahnya mencari solusi dari masalah itu bersama.

Cara ketiga ialah lewat kampanye, baik secara online atau offline. Contohnya gerakan #corruptionNO supaya pesannya menjadi viral dan diketahui banyak orang, khususnya anak muda.

Nah, kebetulan juga nih guys, dalam waktu dekat ini bakal ada Pelatihan Anti-Korupsi Anak Muda Se-Indonesia loh, yakni Anti-Corruption Youth Camp 2-17. Jadi, bagi lo yang tertarik dengan isu-isu seputar korupsi bisa daftar di acara tersebut.

(Dewi Rachmanita Syiam)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest