Follow Us

5 Makanan yang Bisa Menghilangkan Stres

- Jumat, 17 November 2017 | 06:15
Makanan Sehat
Hai Online

Makanan Sehat

HAI-ONLINE.COM - Kamu pernah mengalami stres karena suatu hal? Nah, ternyata ada beberapa makanan yang bisa menghilangkan stres lho. Makanan ini juga sangat baik untuk tubuh bila dikonsumsi terus-menerus. Penasaran? Ini dia 5 makanan yang bisa menghilangkan stres.

1. Blueberry

Buah ini kaya akan antioksidan. Selain itu, blueberry juga mengandung zat fitonutrien yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh. Zat ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang berhubungan dengan stress.

2. Salmon

Sudah bukan rahasia lagi kalau salmon mengandung banyak omega 3 yang berfungsi untuk mengurangi hormon kecemasan, yaitu hormon kortisol.

Menurut Lisa Cimperman, RD, dari University Hospitals Case Medical Center, omega 3 memiliki sifat antiinflamasi yang membantu tubuh melawan efek negatif dari stres.

3. Dada Kalkun

Pada dada kalkun mengandung tryptophan (salah satu asam amino) yang membantu produksi hormon serotonin. Hormon ini dapat memicu rasa senang dalam diri. Sehingga, kamu pun lupa dengan stres yang sebelumnya menimpa kamu!

4. Sayuran Hijau

Menurut Heather Mangieri dari Academy of Nutrition and Dietetics, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung banyak mengandung folat yang dapat meredakan stres. Dari folat akan menghasilkan dopamin, yaitu bahan kimia yang merangsang otak untuk menciptakan rasa bahagia. Dengan bahagia, maka kamu akan merasa tenang dan stres pun akan segera reda.

5. Oatmeal

Menurut beberapa hasil penelitian, karbohidrat dapat memicu otak untuk menghasilkan serotonin. Eits, tapi ada yang harus diperhatikan nih. Kamu jangan mengkonsumsi karbohidrat yang berasal dari makanan manis seperti donat. Mengapa? Karena ketika stres, gula darah pun menjadi naik. Oleh karena itu, makanlah karbohidrat yang kompleks seperti outmeal.

Setelah kamu mencoba makan makanan yang sudah dijelaskan di atas, dijamin deh mood kamu bakal datang lagi dan stres pun akan segera pergi. Selamat Mencoba! Kalika Diah

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest