Follow Us

Keren! Robot yang Dibuat Anak ITB Ini Bisa Menari Tradisional!

Alvin Bahar - Jumat, 17 November 2017 | 03:30
Robot Masayu
Alvin Bahar

Robot Masayu

HAI-ONLINE.COM - Kira-kira apa yang ada di pikiran kalian saat mendengar kata robot? Yap, teknologi yang canggih! Robot adalah inovasi teknologi yang sudah banyak dikembangkan berbagai negara. Tujuannya diciptakannya robot pun bermacam-macam. Salah satunya adalah untuk membantu pekerjaan manusia.

Simak ya: Kocak, Ada Ultraman di Doraemon Versi Tiongkok

Robot Buatan Indonesia

Baru-baru ini, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) berkreasi untuk menciptakan robot yang unik. Mereka membuat robot yang bisa melakukan pertunjukan hiburan. Robot tersebut diberi nama Masayu dan Nimas, keduanya bisa menari dan meliuk-liukkan tubuhnya sehingga dapat menghibur hati siapa saja yang melihatnya.

Bisa Menari Tarian Gending Sriwijaya

Mahasiswa yang menciptakan robot ini tergabung dalam satu tim bernama Dago Concordia beranggotakan 15 orang. Salah satu anggota tim, yaitu Adi Sutowijoyo berkata bahwa Masayu dan Nimas adalah robot pertama buat tim mereka. Robot tersebut juga pernah diikutsertakan dalam Kompetisi Robot Indonesia (KRI) 2017.

Kompetisi Robot Indonesia (KRI) 2017 memiliki tema tarian Gending Sriwijaya untuk kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia. Gerakan tarinya cukup susah, sehingga tim Dago Concordia kesulitan sewaktu mengatur gerakan robotnya agar sesuai dengan gerakan tari yang sebenarnya.

Gerakannya Lebih Banyak dari Robot Humanoid Lainnya

Robot yang bisa menari ini termasuk jenis robot humanoid, yaitu robot yang bisa bergerak menyerupai manusia. Keunikannya bisa kita lihat dari tingkat derajat kebebasan gerakan robot. Kalau robot humanoid pada umumnya memiliki derajat kebebasan bergeraknya kurang lebih 20, tapi robot tari ini memiliki derajat kebebasan hingga 26 gerakan.

Robot Masayu dan Nimas memiliki sensor suara yang sensitif terhadap suara di sekitarnya. Sehingga ketika kita menyetel musik, kedua robot ini langsung melakukan gerakan tari Gending Sriwijaya. Lalu ketika musik berhenti maka robot tersebut pun berhenti bergerak. Lucu juga ya!

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul Yuk, Berkenalan dengan Robot Masayu dan Nimas yang Bisa Menari!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular