Follow Us

Ini Dia 7 Hal Seru yang Bakal Kamu Pelajari Kalau Kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat

- Sabtu, 11 November 2017 | 06:30
Belajar Apa di Fakultas Kesehatan Masyarakat
Hai Online

Belajar Apa di Fakultas Kesehatan Masyarakat

HAI-ONLINE.COM – Nggak banyak yang tahu kalau belajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat, kita seperti belajar di fakultas ilmu kedokteran dan ilmu sosial sekaligus. Selain dipersiapkan untuk meningkatkan kesehatan suatu masayarakat, mahasiswa di fakultas ini juga belajar banyak hal tentang kehidupan sosial.

Nah, seperti yang sudah disebutkan, mata kuliah yang dipelajari dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat sangat beragam. Pada semester awal, semua bidang ilmu tersebut akan dipelajari dalam mata kuliah, baru pada semester akhir dilakukan "penjurusan". Biasanya pada semester 5 nanti dijuruskan ke dalam 7 konsentrasi/keahlian, jadibelajar apa di Fakultas Kesehatan Masyarakat?

1. Administrasi Kebijakan Kesehatan

Jurusan ini mendalami proses pembuatan program-program kesehatan baik dalam lingkup mikro maupun makro. Selain itu, jurusan ini juga mempelajari aplikasi manajemen dalam sebuah organisasi kesehatan serta aplikasi ilmu ekonomi dan asuransi dalam bidang kesehatan.

2. Biostatistik dan Kependudukan

Ilmu ini mempelajari cara merancang, eksekusi, dan analisa penelitian kesehatan dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai kaidah statistika.

3. Epidemologi

Jurusan epidemologi mengajarkanmu merancang, memonitor, dan melaksanakan program kesehatan dengan pendekatan kuantitatif. Tidak hanya itu, jika memilih jurusan ini, kamu juga akan mendapatkan cara mengidentifikasi masalah kesehatan di masyarakat dan cara-cara untuk menyosialiasikan serta pencegahannya di masyarakat.

4. Gizi Kesehatan Masyarakat

Jurusan ini berkonsenterasi pada permasalahan gizi di masyarakat serta penyusunan program kesehatan gizi yang sesuai dengan kondisi masyarakat di sebuah daerah.

5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Dengan memilih spesifikasi jurusan ini, kamu mempelajari bagaimana perlindungan terhadap para pekerja dari bahaya yang mungkin timbul dari kondisi lingkungan tempatnya bekerja. Tidak hanya itu, kamu pun akan belajar bagimana cara menyelaraskan aspek pekerja dengan jenis pekerjaan dan lingkungan kerja untuk mencapai hasil maksimal.

Halaman Selanjutnya

6. Kesehatan Lingkungan
1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest