Follow Us

Apa itu Referendum Catalonia? El Classico Politik? Ini Dia Jawabannya

- Senin, 02 Oktober 2017 | 10:01
Pique

Pique

Gerard Pique jadi sosok yang lagi viral, komentarnya perihal keinginan cabut dari Timnas Spanyol membuat banyak orang kaget. Yap, komentarnya ini terkait soal Referendum Catalonia.

Sebetulnya, kita nggak perlu kaget, kalo tau penyebabnya (Ya Iyalah!) Hehehe….

Santai, jadi gini cerita singkatnya. Seperti yang kita tau, Pique adalah putra asli Catalonia, doi lahir di provinsi yang saat ini tengah melakukan referendum untuk memutuskan masa depan mereka, menjadi sebuah Republik sendiri dan keluar dari Spanyol.

Nah, dari situlah bek tangguh ini mulai galau, dan sampai mengeluarkan komentar rela cabut dari Timnas Spanyol, demi membela Catalonia. Kondisi sosial dan politik di sana lagi nggak asik banget, deh.

Seperti informasi yang HAI kutip dari Kompas.com, pemerintah Catalonia, Senin (2/10) mengumumkan, 90 persen warga Catalan yang memberikan suara dalam proses referendum, memilih merdeka.

Dalam sebuah konferensi pers yang dikutip AFP, Jurubicara Pemerintah Daerah Jordi Turull, mengatakan 2,02 juta warga memilih merdeka.

"Mereka memilih 'ya', untuk menjawab pertanyaan 'apakah Anda ingin Catalonia menjadi negara merdeka dalam bentuk republik?'," kata Turull.

Turrull menambahkan, tercatat ada 2,26 juta orang yang ambil bagian dalam proses referendum ini.

Diberitakan sebelumnya, proses referendum di Catalonia berlangsung dengan diwarnai aksi keras aparat anti-huru hara.

Otoritas keamanan Spanyol menerjunkan pasukan demi menggagalkan upaya pemungutan suara yang bertentangan dengan keputusan pengadilan.

Polisi anti-huru hara Spanyol mulai menembakkan peluru karet dan memaksa masuk ke tempat pemungutan suara untuk referendum Catalonia, pada Minggu (1/10) kemarin.

Pemungutan suara di wilayah Catalonia dalam referendum kemerdekaan yang ditentang oleh Pemerintah Spanyol dan juga pengadilan konstitusi, telah dimulai.

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest