Follow Us

Jangan Takut, Kenali 5 Penyebab Utama Motor Mogok

- Kamis, 24 Agustus 2017 | 12:49
Motor mogok
Hai Online

Motor mogok

Lagi asik di jalan, dipeluk sama pacar, tau-tau motor mogok. Duh, bete banget, bro! Nggak cuma malu, mood si doi jugabisa berubah gara-gara terpaksa harus nemenin kita ke bengkel. Ya, mau nggak mau, nge-date di bengkel, deh. Duh!

Itu juga kalau kita beruntung dapat bengkel. Kalau nggak dapat gara-gara nggak ada bengkel yang buka malem-malem? Nggak ngerti penyebabnya, terus nggak ada bengkel yang buka, kelar hidup lo!

Makanya, biar nggak kena kejadian apes kayak gitu, minimal lo tahu apa aja penyebab yang bikin motor mogok. Terus, cari tahu gimana cara ngebenerinnya. Nggak usah bingung, biar pacaran lo dengan si doi dan si kuda besi lancar, HAI kasih, nih, bocorannya. Ya, itung-itung jadi MacGyver (pada tahu, kan?) dadakan. Hehehe….

Busi

busi
Ukurannya boleh kecil, tapi, kemampuannya besar, bro. Yap, dengan ukuran yang nggak sampai 10 cm ini, si busi ternyata jadi salah satu part yang paling sering jadi penyebab mogoknya si kuda besi.

“Biasanya, busi kotor. Nah, akibatnya banyak, motor bisa brebet. Kalau udah kayak gitu, bersihin pakai sikat kawat. Tapi kalau sampai mogok, ketok keramik businya, dipecahin. Biasanya, sih, langsung nyala lagi. Tapi paling aman emang bawa busi cadangan,” ujar Ronald, dari JMV speedshop.

Karburator

Karburator
Karburator juga jadi biang keladi kenapa si motor bisa mati mendadak. Maklum, ibarat tubuh manusia, karburator ini jadi jantungnya. Yap, dia mengalirkan bensin ke tempat seharusnya. Kebanyakan motor yang bermasalah di karburatornya, umumnya, terjadi karena aliran bensin yang tersumbat.

Nah, kalau udah kayak gini, kita bersihin aja spuyernya dan cek pelampungnya. Biasanya, benda tersebut kotor karena tertutup debu atau pasir, yang mengakibatkan aliran bensin tersumbat.

Kepala Busi

Kepala Busi
“Kalau cangklong bermasalah, biasanya karena dalamnya sudah berkarat. Gejalanya masih sama kayak busi, knalpot nembak dan brebet. Biar motor nyala lagi, palingan ganti cangklongnya. Atau kalau nggak ada bengkel, copot aja cangklongnya, dan arahin kabel listrik ke businya,” lanjut Ronald.

Filter

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest