Follow Us

Menguji 4 Aplikasi Penunjuk Jalan di Smartphone, Mana yang Lebih Baik?

- Rabu, 23 Agustus 2017 | 09:46
Pengujian aplikasi penunjuk jalan di smartphone
Hai Online

Pengujian aplikasi penunjuk jalan di smartphone

Sebagian besar dari kita pasti pernah dong tersesat atau minimal nyasar ke satu daerah yang sama sekali nggak kita kenal? Ada beberapa langkah antisipasi, sih, sebenarnnya. Misalnya kayak bawa peta ke daerah yang dituju, atau bisa bertanya pada warga sekitar.

Nah, masalahnya, nggak semua orang bisa baca peta. Kebanyakan dari kita masih merasa bingung di mana posisi kita berada, sampai ke arah mana seharusnya kita melanjutkan perjalanan. Benar?

‘Malu bertanya, sesat di jalan’. Yap, tenang aja, kan, ada warga sekitar. Jadi kita bisa langsung tanya, deh, ke mereka. Tapi, kalau seandainya jalanan yang kita lewati nggak ada orang yang melintas, gimana, dong? Duh, males banget, nggak, sih, harus nyasar di daerah antah berantah? Serba salah!

Well, beruntunglah kita yang hidup di zaman serba teknologi kayak gini. Sekarang kita nggak perlu lagi ribet bawa peta atau was-was nunggu warga sekitar yang lewat. Cukup jalankan beberapa aplikasi penunjuk jalan yang berbasis GPS (Global Position System) dan semuanya bakal lancar.

Ada banyak aplikasi berbasis GPS yang bisa kita gunakan secara gratis. Namun, nggak semuanya memberikan hasil yang memuaskan. Nah, HAI akan membandingkan empat aplikasi maps yang bisa diunduh secara gratis. Apa saja aplikasinya dan bagaimana hasilnya?

Pengetesan:

Ada beberapa hal yang jadi poin utama dari perbandingan ini. Yaitu keakuratan lokasi, kemudahan dalam penggunaan, sampai fasilitas yang disediakan. Nah, untuk mengujinya, HAI akan mengambil rute dari Tangerang yang jadi lokasi keberadaan dan kawasan Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat akan jadi destinasinya.

Waze

Waze
Rating: *****

Kelebihan:

  • Punya peta yang cukup detail.
  • Waze cukup akurat untuk mengantarkan kita menuju tempat tujuan. Pasalnya, ia mampu menunjukkan jalan kecil dengan jarak tempuh yang lebih cepat dan bisa menghindari macet.
  • Aplikasi ini mampu mengenali jalan tol, jalan satu arah, sampai tempat untuk berputar arah.
  • Mampu menunjukkan kondisi lalu lintas. Merah artinya kondisi jalan yang dilalui macet.
  • Para pengguna Waze juga bisa chatting dengan sesama pengguna. Bisa digunakan untuk mengetahui keberadaan Polisi juga, guys!
Kekurangan:

  • Cukup menguras baterai
  • Ada beberapa tempat (kecil) yang masih nggak terjangkau Waze.
GPS CoPilot

Halaman Selanjutnya

GPS CoPilot Rating: ****
1 2 3

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular