Follow Us

BAB Dengan Toilet Jongkok Lebih Sehat Daripada Toilet Duduk, Ini Penjelasannya

- Senin, 21 Agustus 2017 | 08:20
Toilet Duduk vs Toilet Jongkok
Hai Online

Toilet Duduk vs Toilet Jongkok

Susah buang air besar (BAB) bukan cuma dipengaruhi pola makan dan aktivitas aja. Sadar atau nggak, jenis toilet yang dipakai juga punya dampak terhadap lancar atau nggaknya BAB kita.

Dilansir dari Asia One, para ahli mengatakan bahwa toilet jongkok lebih sehat daripada toilet duduk.

Lebih lanjut, para ahli mengatakan bahwa posisi jongkok sebenarnya adalah posisi yang paling tepat dan direkomendasikan buat BAB. Soalnya, dalam posisi jongkok, saluran akan terbuka sehingga feses lebih gampang dikeluarin.

“Posisi ideal untuk BAB adalah jongkok dengan paha tertekuk pada perut. Dengan cara ini, kapasitas rongga perut sangat berkurang sehingga bisa lebih mendorong pengeluaran feses,” ujar Henry L. Bockus, dikutip dari jurnal Gastroenterology.

Sementara itu, saat duduk di kloset, otot-otot yang bertanggung jawab untuk pengeluaran feses ternyata hanya rileks sebagian. Namun dalam posisi jongkok, otot itu bisa lebih rileks.

Lebih lanjut, seorang peneliti dari Israel bernama Dov Sikirov ingin tahu lebih jelas mengenai mekanisme hal ini. Ia lalu melakukan penelitian. Ia membandingkan berapa lama rasa mulas bisa timbul dan usaha yang dibutuhkan untuk BAB antara orang yang BAB sambil duduk dan jongkok.

Ternyata, dalam posisi jongkok seseorang butuh waktu hanya tiga perempat dari orang dengan posisi duduk untuk mulas dan BAB.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest