Follow Us

Menurut Penelitian, Ini Dia Penyebab Kenapa Kita Gampang Galau Saat Hujan Datang

- Jumat, 18 Agustus 2017 | 10:27
Hujan
Hai Online

Hujan

Sadar atau nggak, hujan nyatanya punya pengaruh ke suasana hati. Yes, nggak cuma bikin kita berasa lebih ngantuk dan jadi males, hujan juga bisa bikin kita jadi lebih galau.

Yap, itu sebabnya, kalau lagi hujan, kita sering banget ngelamun, menyendiri, atau sambil dengerin lagu-lagu yang sesuai dengan kondisi hati saat itu, mellow-mellow gimana gitu, dah. Ada yang tau penyebabnya?

Jadi gini, sebuah studi yang dilakukan oleh Jaap Denissen pada 2008 silam menemukan fakta bahwa cuaca yang berubah cepat bisa memengaruhi suasana hati seseorang setiap harinya.

Dalam penelitiannya itu, Denissen menemukan bahwa sinar matahari dan kelelahan punya hubungan yang signifikan. Saat kita kena sinar matahari yang sedikit, ternyata bisa bikin kita kena gejala seperti depresi.

“Orang stress biasanya terjadi pada musim hujan. Jadi gloomy gitu. Itu sebabnya, tingkat bunuh diri di London dan Seattle tinggi banget pas musim hujan. Itu juga ada pengaruhnya dengan sinar matahari yang sedikit,” ujar Elizabeth Santosa, Psikolog & Relationship Expert Fiesta Condoms.

Lebih lanjut, seorang profesor psikologi dari University of Vermont, Kelly Rohan, menambahkan bahwa hujan bisa bikin kita jadi nggak produktif kayak males atau ogah beranjak dari tempat tidur.

Nah, jumlah sinar matahari yang diserap kulit juga punya dampak besar pada suasana hati karena memengaruhi jumlah penyerapan vitamin D. Vitamin D ini bisa didapat dari sinar matahari. Makanya, semakin sedikit cahaya matahari yang kita dapat, semakin dikit juga vitamin D yang diserap tubuh. Nah, itu yang bikin kita galau dan stress.

“Makanya, di luar negeri sana, kalau lo lagi depresi dan konsultasi, biasanya lo disuruh ke negara tropis yang banyak sinar mataharinya. Sinar matahari ini bisa kasih semacam energi buat kita. Intinya, cuaca sangat memengaruhi suasana hati,” lanjut psikolog yang akrab disapa Lizzie.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest