Follow Us

15 Alasan Kenapa Ibukota Harus Pindah Ke Pulau Kalimantan

Alvin Bahar - Kamis, 06 Juli 2017 | 03:30
Monas
Alvin Bahar

Monas

Rumor ibukota bakal dipindah muncul lagi. Wacana yang udah muncul sejak lama ini, hadir lagi dengan Kalimantan sebagai tujuannya.

Pembangunan ibu kota di Kalimantan akan membawa dampak besar bagi Indonesia dan jadi anak tangga menuju Indonesia Timur yang lebih baik.

Itulah yang disampaikan anggota Tim Visi Indonesia 2033 Andrinof Chaniago saat acara diskusi Publik bertajuk Pilihan Indonesia Masa Depan: Menjembatani Lautan atau Memindahkan Ibukota ke Kalimantan, Resto Pulau Dua, Senayan Jakarta, Desember 2013 silam.

Menurutnya, ada lima belas alasan pemindahan ibu kota ke Kalimantan. Ini dia daftarnya:

Foto: Kompas.com
1 - Memudahkan penataan Jakarta dan kawasan mega- urban Jabodetabek.

2 - Menghentikan pemborosan ekonomi akibat kemacetan yang menyedot dana puluhan triliun rupiah setiap tahun.

3 - Menyelamatan lahan subur pertanian di Jawa dan menjaga konsistensi komitmen terhadap kebijakan ketahanan pangan nasional.

4 - Menjadikan Indonesia memiliki kota publik kelas dunia untuk mendekati kesejajaran dengan negara- negara lain.

Foto: Kompas.com
5 - Mewujudkan rasa adil dan menghilangkan diskriminasi pembangunan antar wilayah di tataran nasional sebagai modal untuk memperkuat kembali rasa Satu Bangsa.

6 - Memaksimalkan pemanfaatan potensi air dan sumber daya alam lainnya di Kalimantan yang terbuang percuma, dengan konsep pemanfaatan yang berkelanjutan.

7 - Membangunan anak tangga untuk mengefektifkan program percepatan pembangunan kawasan Timur Indonesia, daerah tertinggal, pulau- pulau terluar dan daerah perbatasan.

8 - Menciptakan mesin penggerak keseimbangan antar- wilayah sebagai salah satu fondasi untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan yang diharapkan jadi pendorong penyebaran pusat pertumbuhan.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest