Follow Us

3 Tempat "Tempo Doeloe" di Jakarta Ini Bisa Bikin Kamu Nostalgia!

Fadli Adzani - Kamis, 22 Juni 2017 | 05:38
Monas
Fadli Adzani

Monas

Banyak sekali benda-benda atau gedung peninggalan zaman penjajahan yang tertinggal di Tanah Air ini. Hampir di setiap kota pasti ada rumah-rumah tua yang bakal mengingatkan kita akan pemerintahan zaman Belanda ketika masih menjajah negara kita.

Terutama di Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, yang dulu hingga sekarang menjadi tempatnya roda pemerintahan bergerak dan tak pernah berhenti.

Tentu saja, sebagai ibu kota, Belanda senang sekali membuat gedung-gedung pemerintahannya di sana, dan karena mereka memang memiliki fondasi yang kokoh, hingga sekarang kalian masih bisa merasakan aura "tempo doeloe"-nya.

Berikut ini adalah 5 tempat di Jakarta yang bisa bikin kamu merasa seperti di zaman penjajahan!

1. Cikini

Cikini. Foto by Alterity
Anak-anak muda Jakarta pasti sudah hafal betul dengan tempat yang satu ini. Yap, Cikini, tempat yang terletak di Jakarta Pusat, nggak jauh dari Monas.

Tempat ini memiliki banyak sekali gedung-gedung yang masih bernuansa zaman penjajahan dan mereka masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Apalagi, di Cikini banyak sekali rumah makan dan kedai kopi yang bangunannya memang sengaja diciptakan seperti zaman Belanda.

Apalagi kalau kamu sambil denger lagu-lagunya WHite Shoes & the Couples Company atau Sore. Beuh, dijamin kamu akan merasa seperti di zaman tempo doeloe.

2. Menteng

Menteng. Foto by Koleksi Tempo Doeloe
Kalau Menteng, nggak usah ditanya lagi. Banyak sekali kejadian bersejarah yang terjadi di sini, sehingga ketika kita melewati tempat ini, akan terasa banget aura jadulnya.

Apalagi ditambah banyaknya gedung-gedung atau rumah-rumah bernuansa putih kelam, genteng tua yang dulu dibuat pada zaman pemerintahan Belanda di Jakarta.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest