Follow Us

Bukan Anak Metal, Ini Dia Musisi yang Menciptakan Headbang!

Fadli Adzani - Minggu, 07 Mei 2017 | 07:50
John Bonham lagi headbang sambil menggebuk drum
Fadli Adzani

John Bonham lagi headbang sambil menggebuk drum

Gerakan headbang atau teknik menggerak-gerakkan kepala ke atas dan ke bawah sambil menikmati lantunan lagu yang dimainkan oleh musisi memang sering diidentikkan dengan musik metal.

Kalau kamu datang ke konser metal, sebut saja Hammersonic, kamu bakal melihat banyaknya anak-anak muda yang melakukan headbang sambil menikmati alunan musik metal yang dimainkan oleh band-band yang berada di atas panggung.

Nggak cuma penontonnya, tapi juga band-nya yang melakukan headbang sambil menikmati permainan musik mereka sendiri.

Tapi ternyata, headbang itu bukan dibuat sama anak metal, lho!

Terdapat banyak rumor bahwa orang yang pertama kali melakukan headbang ada di dalam konser Led Zeppelin pada 1969, dimana mereka pertama kali menginjakkan kakinya di Amerika Serikat.

John Bonham lagi headbang sambil menggebuk drum
Saat itu, terlihat ada pengunjung yang dekat dengan bibir panggung, melakukan gerakan anggukkan kepala ke atas dan ke bawah, menikmati musik yang dibawakan Robert Plant, Jimmy Page, John Paul Jones dan John Bonham.

Terlebih lagi pada tahun 1970, di dalam DVD Led Zeppelin yang dirilis pada 2003. Dalam cuplikannya, terlihat para pengunjung yang berada paling depan melakukan headbang dari awal hingga akhir acara!

Nggak cuma Led Zeppelin, tapi juga ada Black Sabbath, dimana kedua anggotanya, Ozzy Osbourne dan Geezer Butler, melakukan headbang dalam konsernya di Paris, Prancis, pada 1970.

Black Sabbath
Kamu boleh liat video klip live dari Black Sabbath di Paris yang sedang membawakan lagu War Pigs, mereka semua headbang!

Gimana, guys, udah ngerti kan tentang rumor siapa yang menciptakan headbang?!

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest