Follow Us

Bukan Anak Metal dan Rock, Ini Dia Drummer yang Menciptakan Double Pedal!

Fadli Adzani - Selasa, 25 April 2017 | 15:47
Louis Bellson
Fadli Adzani

Louis Bellson

Kita semua perlu akui bahwa double pedal dan skil “menginjaknya” adalah kemampuan yang sangat diidam-idamkan dan wajib dimiliki oleh drummer yang band-nya metal atau rock. Namun ternyata, yang menciptakan teknik itu bukan anak metal dan rock sama sekali!

Mungkin akan banyak perdebatan akan siapa yang menciptakan teknik itu untuk pertama kalinya. Tapi, di sini HAI ingin menceritakan tentang kisah seorang drummer berbakat yang sempat dibicarakan masyarakat dunia pada awal abad ke-19, tepatnya pada tahun 1939.

Yap, dia adalah Louis Bellson, seorang musisi jazz yang ketika usianya baru 15 tahun sudah menciptakan teknik double pedal.

Cerita ini dimulai ketika Louis masih duduk di bangku sekolah, ketika ia disuruh menggambar sama gurunya. Saat itu, gurunya bingung apa yang ia gambar: drum dengan dua pedal bass.

Louis Bellson
Lantas, seperti yang dikutip dari Smithsonian Institute, gurunya mengatakan, “Apa yang kamu lakukan, Louis?”

“Ini adalah gambar dari set terbaru drum, Bu,” ujar Louis membalas pertanyaan sang guru.

Louis Bellson
Saat itu, sang guru mengatakan, Louis harus tetap mengejar cita-citanya menciptakan double bass di drum. “Aku tahu itu gila, namun itu ideku!” papar Louis.

Band pertama yang mengaplikasikan double pedal bersama Louis adalah band bernama Ted FioRito. Sejak saat itu, pengembangan teknik dan kemampuan double pedal semakin maju, hingga diaplikasikan ke musik metal dan rock, dengan tempo yang berbeda tentunya.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest