Follow Us

Jangan Berlebihan, Ini 5 Tanda Kamu Udah Kebanyakan Olahraga Yang Sering Nggak Disadari

Dimas Yulian - Minggu, 26 Maret 2017 | 12:00
Olahraga Yang Berbahaya Bagi Cowok
Dimas Yulian

Olahraga Yang Berbahaya Bagi Cowok

Segala yang berlebihan, apapun bentuknya pasti punya efek yang kurang baik. Salah satunya adalah kebiasaan berolahraga. Bukannya bikin sehat, terobsesi berolahraga justru berefek buruk buat kesehatan. Biar nggak berlebihan, kamu harus tau batasan fisik buat kapan ngasih alokasi waktu buat istirahat dan berolahraga.

Berolahraga seenggaknya lima kali seminggu dengan durasi masing-masing sesinya 30 menit udah cukup buat ngasih manfaat buat kesehatan. Ini pun menurut pakar kesehatan, Dr. Natalie Azar, masih harus disesuaikan dengan kondisi fisik, berat badan, dan kebutuhan akan olahraga tiap-tiap orang yang berbeda-beda.

Berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, setiap orang direkomendasikan seenggaknya berolahraga 150 menit per minggu buat olahrga ringan, dan 75 menit per minggu buat olahraga dengan intensitas tinggi. Lebih dari itu, olahraga yang berlebihan justru dapat berefek yang buruk buat kesehatan, ini dia 5 tandanya yang sering nggak kamu sadari:

Gampang Capek Setelah Olahraga

Gampang Capek Setelah Olahraga
Kalo setelah olahraga kamu nggak ngerasa berenergi tapi justru capek banget. Hati-hati mungkin kamu udah berlebihan dalam olahraga. Tanda ini biasanya diikuti dengan nafas yang terengal-engal, terlalu capek ngelakuin aktivitas lain, serta rasa nyeri yang justru ngeganggu aktivitas harian kamu.

Jadi Gampang Marah

Jadi Gampang Marah
Nah kalo setelah olahraga kamu jadi gampang badmood, mudah marah, dan gampang tersinggung. Ini juga jadi salah satu ciri kalo olahraga yang kamu lakuin udah sangat berlebihan. Tanda ini biasanya juga diikuti dengan kamu yang jadi susah fokus di aktivitas sehari-hari.

Gampang Sakit

Gampang Sakit
Olahraga berlebihan ternyata juga bikin daya tahan tubuh kamu jadi lemah dan akhirnya justru gampang sakit. Bukannya sehat, tapi justru bikin badan nggak enak seperti pusing, flu, serta batuk. Nggak enak banget kan?

Insomnia

Insomnia
Biasanya kalo abis olahraga, tidur bakalan kerasa enak dan pulas banget. Nah, kalo kamu justru sebaliknya dan malah kena insomnia, bisa dipastiin olahrga yang kamu lakuin udah lebih dari yang seharusnya dilakuin. Hati-hati deh.

Badan Jadi Nyeri

Badan Jadi Nyeri
Kalo nyerinya cuma sebentar terus ilang sih nggak masalah, namanya juga berolahraga. Yang jadi masalah kalo pemulihan nyeri karena olahraga yang kamu alami jadi sangat lama. Nyeri karena olahraga biasanya udah sembuh dalam 2-3 hari. Kalo nyeri kamu belom juga sembuh setelah jangka waktu itu, bisa jadi olahraga yang kamu lakuin emang udah berlebihan.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest