Follow Us

Konser Jazz di Indonesia Selalu Mahal? Ini Penelitiannya!

Alvin Bahar - Jumat, 10 Maret 2017 | 10:00
Tersihir Monita Tahalea
Alvin Bahar

Tersihir Monita Tahalea

Musik jazz emang seringkali dikaitkan sebagai musik kalangan atas. Nggak heran jadinya kalo konser jazz banyak yang mahal. Namun anggapan tersebut nggak menyurutkan minat masyarakat Indonesia terhadap musik Jazz yang saat ini berkembang dengan pesat. Hal ini terbukti dari maraknya konser Jazz yang telah hadir di Indonesia dengan mengusung berbagai konsep kreatif.

Nggak hanya menonjolkan musisi yang hadir di konser tersebut, promotor acara Jazz Indonesia juga mulai menggabungkan konsep musik Jazz dan alam untuk mendorong pariwisata lokal seperti yang dilakukan oleh Jazz Atas Awan dan Jazz Gunung.

Nah, situs penyedia kupon online dan informasi diskon Flipit.com Indonesia baru aja membuat penelitian menarik tentang, “Harga tiket konser Jazz termurah dan termahal di Indonesia tahun 2017” nih. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berapa biaya untuk menonton konser Jazz yang konon dianggap sebagai musik kelas atas.

Flipit.com mengumpulkan data dari berbagai sumber dan menganalisa harga tiket dari 16 konser Jazz terkemuka di Indonesia. Perbandingan harga dilakukan berdasarkan harga tiket festival untuk 1 hari/orang. Harga yang tercantum merupakan harga normal tanpa promo. Dari data yang kami kumpulkan berikut adalah kesimpulannya:

Penelitian jazz
- Konser musik jazz ternyata marak diselenggarakan di bulan Agustus setiap tahunnya. 7 dari 16 konser jazz yang Flipit teliti menggelar acara di bulan Agustus.

- Festival musik jazz nggak hanya hadir di pulau Jawa tapi juga di Kalimantan dan Bali seperti Mahakam Jazz Fiesta (Samarinda, Kalimantan Timur), Ubud Village Jazz Festival dan Jazz Market di Bali.

- Java Jazz merupakan konser jazz termahal di Indonesia dengan harga tiket untuk 1 hari/orang seharga IDR 769.000.

- Harga tiket termahal disusul oleh Festival Ijen Summer Jazz di Banyuwangi, Jawa Timur dengan harga IDR 750.000 dan Jazz Pingir Kali di Purbalingga, Jawa Tenggah yang menetapkan harga tiket sebesar IDR 500.000 (harga juga sudah termasuk camping di pinggir kali)

- Sedangkan NgayogJazz dan Solo City Jazz merupakan festival Jazz termurah di Indonesia dengan menggelar konser Jazz di Yogjakarta dan Solo secara gratis untuk siapa saya yang ingin menikmati alunan musik jazz dari musisi lokal setempat.

- Jazz Goes to Campus yang digelar oleh mahasiswa/i FE UI dan sudah diadakan lebih dari 30 kali juga masuk di daftar urutan ke 3 sebagai festival jazz termurah di Indonesia dengan harga tiket: IDR 54.000

- Harga tiket konser musik Jazz yang bervariasi dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah line up. Musisi jazz yang hadir di acara tersebut: lokal artis atau/dan internasional artis. Walaupun nggak semua musisi memiliki aliran musik Jazz, festival musik Java Jazz memiliki harga tertinggi karena menghadirkan musisi international yang sedang naik daun.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest