Follow Us

Helikopter Militer Ini Nyasar dan Mendarat di Jalan Raya Buat Nanya Arah, Nggak Punya GPS Kali ya?

Dimas Yulian - Rabu, 08 Maret 2017 | 04:00
Helikopter Militer Ini Nyasar dan Mendarat di Jalan Raya Buat Nanya Arah
Dimas Yulian

Helikopter Militer Ini Nyasar dan Mendarat di Jalan Raya Buat Nanya Arah

Pepatah malu bertanya sesat di jalan benar-benar dipegang teguh oleh personel militer asal Kazkahstan ini. Kalo nyasarnya jalan kaki atau naik mobil sih nggak apa-apa, tapi personel militer yang satu ini nyasarnya nggak tanggung-tanggung, naik helikopter! Kejadian yang kocak dan bisa dibilang cenderung absurd ini beneran terjadi saat helikopter militer tipe Mi-8 mendarat di jalan raya nggak jauh dari Desa Karabutak, di Kazakhztan.

Kejadian yang juga terekam oleh kamera amatir ini menunjukkan sebuah helikopter yang tiba-tiba mendarat di jalan raya, tepatnya di depan sebuah truk. Nggak lama setelah helikopter ini mendarat, seorang cowok kemudian melompat keluar dari helikopter. Ia berlari ngedeketin sebuah truk yang sedang parkir di sisi jalan. Ia lalu melambaikan tangan kepada pengemudi truk tersebut dan meminta petunjuk jalan.

“Bagaimana mungkin dia tersesat di sebuah padang rumput yang luas? Dia tersesat ketika berada di ketinggian?” kata salah satu warga yang terheran-heran dengan kejadian ini, seperti dikutip dari Travel and Leisure.

Nggak ngebutuhin waktu lama, setelah ngedapetin bantuan arah yang dibutuhkan, cowok ini kembali naik ke helikopternya dan kemudian kembali terbang. Kejadian yang kocak ini tentu segera jadi bahan perbincangan oleh publik di Kazakhstan sana yang kemudian jadi viral di media sosial.

Setelah jadi perbincangan publik, Departemen Pertahanan Kazakhstan, kemudian ikut merespon kejadian ini. Mereka ngeluarin pernyataan yang bilang kalo pendaratan ini merupakan salah satu bagian dari pelatihan militer.

Helikopter militer tipe Mi-8 mendarat di jalan raya di Desa Karabutak, di Kazakhztan
Dalam pelatihan militer ini, ada satu latihan yang khusus diberikan kepada pilot. Pilot tersebut diberikan sebuah misi buat sampai di suatu tempat tanpa diberikan titik koordinat. Akan tetapi, mereka diperbolehkan buat melakukan metode lain seperti bertanya kepada warga sekitar.

Entah karena pake bantuan metode lain atau karena petunjuk arah yang diberikan oleh warga yang ditanya emang tepat. Departemen Pertahanan Kazakhstan kemudian juga ngasih tau kalo misi ini berjalan dengan sukses dan sang pilot telah berhasil mencapai tujuan dengan selamat.

Hasil dari nggak malu bertanya ternyata ada hasilnya juga ya, tapi lain kali nanyanya jangan pas pake helikopter militer juga kali!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest