Follow Us

Kenapa Karakter Kartun Disney Pakai Sarung Tangan Putih Terus? Ini Jawabannya!

Fadli Adzani - Minggu, 26 Februari 2017 | 10:00
Mickey Mouse
Fadli Adzani

Mickey Mouse

Mickey dan Minnie Mouse, Goofy, Pete Junior serta Jiminy Cricket merupakan contoh kecil dari banyaknya karakter di kartun Disney yang selalu mengenakan sarung tangan putih di setiap penampilannya. Ternyata, terdapat alasan mengapa sang pendiri Disney, Walt Disney, membuat karakter Disney selalu menggunakan sarung tangan putih.

Jadi, Mickey Mouse merupakan karakter pertama Disney yang menggunakan sarung tangan putih. Kenapa? Pada tahun 1928, di sebuah episode Mickey Mouse bernama Plane Crazy, Mickey memang terlihat belum mengenakan sarung tangan putih. Terlihat dalam episode itu, tangan Mickey berwarna hitam, sama seperti warna kaki, badan, perut bahkan mukanya.

Sebagai tambahan informasi, Mickey baru mulai mengenakan sarung tangan putih setahun setelahnhya, pada episode The Opry House.

Walt Disney memiliki tiga alasan, yang akan HAI jelaskan melalui informasi yang didapat dari situs Brightside.

#1 Irit Waktu

Mickey Mouse
Menggambar karakter dengan rincian yang sangat baik membutuhkan waktu yang panjang dan tenaga yang nggak sedikit. Maka dari itu, untuk mempercepat proses gambar, para animator yang menggambar karakter Disney tanpa rincian yang benar-benar detail. Kalian lihat saja karakter Disney di zaman dahulu: kepala yang besar, mata belo dan kaki dengan empat jari saja.

#2 Permainan Warna

Mickey Mouse
Karena pada zaman dahulu film kartun masih berwarna hitam putih, sangat sulit untuk melihat tangan dari karakter Disney yang berwarna hitam jika sedang berdekatan dengan bagian badan mereka yang berwarna hitam. Karenanya, sarung tangan putih dikenakan di tangan mereka untuk membuat gestur tubuh mereka jadi lebih terlihat.

#3 Memanusiakan Karakter Disney

Ulang Tahun ke-87 Mickey Mouse: Selamat Jadi Kakek Tikus Terkenal!
Di dalam biografinya, Walt Disney mengaku bahwa ia ingin membuat karakter Disney seperti manusia. Seperti Mickey Mouse, yang aslinya adalah seekor tikus.

“Kami tidak ingin Mickey Mouse untuk memiliki tangan tikus, karena dia seharusnya terlihat seperti manusia. Maka dari itu, kami memberikannya sarung tangan!” tulisnya.

Trik yang dilakukan Disney ini kemudian ditiru oleh Universal Pictures, yang mulai menambahkan sarung tangan putih di karakter kartun mereka seperti Woody Woodpecker dan Bugs Bunny.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest