Follow Us

Jangan Ngeluh Mulu, Ini Peluang Bisnis Yang Bisa Pelajar Manfaatin Saat Musim Hujan

Dimas Yulian - Rabu, 22 Februari 2017 | 02:00
Apa Sih Penyebab Hujan dan Banjir Jakarta
Dimas Yulian

Apa Sih Penyebab Hujan dan Banjir Jakarta

Musim hujan kayak gini, banyak orang yang mulai pada ngeluh karena berbagai hal menyebalkan yang terjadi. Mulai dari banjir di berbagai wilayah, jalanan yang macet, hingga lingkungan yang jadi rawan akan datengnya penyakit.

Kalo mau ditelusuri, pangkal permasalahan bukan ada di curah hujan yang turun. Kalo lingkungan kamu bersih dan tertata dengan rapi, sederas apapun curah hujan yang turun, nggak bakalan berpengaruh terhadap aktivitas kamu. Karena faktanya, hujan adalah anugerah yang sebenernya akan terasa lebih banyak manfaat daripada dampak negatifnya.

Biar nggak cuma nyinyir mulu, dan nyalahin pemerintah gara-gara aktivitas yang terhambat, mending kamu mulai bergerak buat mengubah hal yang menyebalkan jadi bermanfaat dan menguntungkan. Yap, hujan bukanlah pangkal dari berbagai masalah, tapi anugerah buat yang bisa memanfaatkan celah.

Salah satu celah yang bisa kamu manfaatkan adalah peluang berwirausaha yang punya prospek yang lumayan cerah meskipun langit selalu mendung. Nggak percaya? Ini dia 3 peluang wirausaha yang bisa kamu manfaatin saat musim hujan datang.

Jual Perlengkapan Hujan

Ilustrasi
Ini adalah salah satu item yang pasti bakalan dicari orang selama musim hujan. Kamu pun bisa memanfaatkan peluang ini jadi usaha tambahan yang bisa kamu lakuin saat di sekolah. Kamu bisa beli perlengkapan hujan secara grosir dan menjualnya kembali ke teman-teman atau guru kamu yang membutuhkan. Selain nggak ribet, peluang rugi juga lebih kecil karena kamu bisa nyimpen barang dagangan kamu yang nggak laku, buat dijual lagi saat musim hujan dateng.

Usaha Cuci Motor dan Mobil

Ilustrasi
Jasa ini dipastikan juga bakalan banyak dibutuhin sama orang-orang saat musim hujan datang. Air yang menggenang di berbagai lokasi bakalan bikin kendaraan yang berlalu lalang kena getahnya karena lumpur dan tanah yang becek. Kamu bisa memanfaatkan situasi ini dengan membuka usaha cuci motor dan mobil yang hanya membutuhkan peralatan yang sederhana.

Asal ada air dan sabun (dan niat dari hati yang tulus, hehe), usaha ini bisa kamu jalankan bareng temen-temen kamu. Kamu bisa mulai usaha di halaman rumah dengan menargetkan kendaraan para tetangga di lingkungan kamu sebagai target marketnya. Peluang rugi yang didapet pun akan minim banget, karena nggak membutuhkan banyak modal. Sama seperti usaha perlengkapan hujan, kalo peralatan kamu masih sisa, kamu bisa memanfaatkannya lagi ketika musim hujan kembali datang.

Kuliner

Aroma Makanan Kantin
Kalo lagi musim hujan gini, makanan hangat adalah item yang paling dicari oleh orang-orang. Sebenarnya sih tanpa hujan pun, usaha kuliner selalu punya potensi yang bisa dimanfaatkan. Tapi buat usaha yang satu ini, kamu harus mau sedikit belajar masak dan keluar sedikit modal buat memulai. Nggak perlu ribet-ribet kamu bisa minta tolong Ibu atau kakak cewek kamu buat diajarin bikin makanan yang sederhana namun tetap lezat, dan cocok disantap pas musim hujan!.

Ada berbagai pilihan yang bisa kamu ambil, mulai jual gorengan, roti bakar, atau bakso tusuk yang bisa dibuat dengan cara yang mudah. Kamu bisa jualan sendiri dengan dibawa ke kelas, atau dititipin di kantin sekolah. Meskipun risiko rugi tetep ada, tapi paling nggak kamu udah mulai inisiatif buat belajar berwirausaha. Daripada cuma ngeluh dan nyinyir mulu. Ya nggak?

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest