Follow Us

4 Fakta Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Air Mancur Terbesar Se-Asia Tenggara

Alvin Bahar - Senin, 20 Februari 2017 | 10:00
Fakta Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Air Mancur Terbesar Se-Asia Tenggara
Alvin Bahar

Fakta Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Air Mancur Terbesar Se-Asia Tenggara

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meresmikan Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (18/2). Air mancur terbesar di Asia Tenggara ini jadi ikon pariwisata Purwakarta yang dikenal sebagai kota yang memiliki 1.000 taman. Mau tau fakta-fakta seputar destinasi pariwisata gokil ini? Cek di bawah ini!

1. Destinasi favorit masyarakat

Air Mancur Taman Sri Baduga yang berada di kawasan Situ Buleud ini jadi destinasi favorit masyarakat. Selain gratis, setiap malam Minggu, digelar pertunjukan kesenian berupa drama tari dan musik antara lain kelompok Charly Van Houten, Emka 9, dan Purwakancana Percution, serta tarian kolosal.

2. Habiskan biaya Rp50 miliar

Berapa uang harus dikeluarkan Pemkab Purwakarta untuk membangun air mancur besar ini? Ternyata cukup gede, Rp50 miliar! "Anggarannya Rp 50 miliar selama tiga tahun. Tahun pertama Rp 15 miliar, tahun kedua Rp 15 miliar. Sisanya di tahun ketiga," ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kepada Kompas.com.

3. Pake teknologi Jerman

Dedi menjelaskan, air mancur ini menggunakan teknologi Jerman dan China. Dalam pembangunan tahap ketiga ini air mancur dilengkapi dengan 5.000 tempat duduk dan penyempurnaan atraksi air mancur.

Air mancur ini, sambung Dedi, sengaja dibuat untuk membangun regulasi ekonomi daerah. Ia mencontohkan, saat ini ada 50.000 buruh di Purwakarta. kalo satu keluarga buruh mengeluarkan uang minimal Rp 500.000 pada akhir pekan di daerah lain, maka potential loss UMKM Purwakarta cukup besar.

4. Banyak fasilitas indah

Air Mancur Taman Sri Baduga diperindah dengan patung Prabu Kian Santang, anak Prabu Siliwangi atau Sri Baduga. Patung itu dibuat dengan posisi duduk dan kaki bersila bersama bunga lotus besar.

Di sekeliling patung ada dua ribu semprotan air mancur yang menari mengikuti irama musik serta ornamen pewayangan. Untuk menarik para pengunjung taman tersebut dilengkapi dengan fasilitas air siap minum serta booth untuk para penggemar foto selfie. (Kompas.com)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest