Follow Us

Mau Tahu 20 Lagu Yang Paling Mudah Diingat dalam 70 Tahun Terakhir?

Dimas Yulian - Kamis, 16 Februari 2017 | 09:00
Album musik
Dimas Yulian

Album musik

Pernah dengerin lagu dan langsung terngiang-ngiang di kepala selama beberapa hari kemudian? Nggak hanya kamu, banyak orang yang ternyata juga punya kecenderungan serupa. Berdasarkan hal ini, para ilmuwan asal Inggris berusaha buat cari tau lagu apa aja yang paling mudah diiingat dalam kurun waktu 70 tahun terakhir.

Penelitian yang dilakukan oleh Museum of Science and Industry (MOSI) ini melakukan riset pada lebih dari 1.000 lagu yang dibuat sejak tahun 1940. Hasilnya, mereka mendapatkan 20 daftar lagu yang paling mudah dingat dalam kurun waktu 70 tahun terakhir. Buat dapetin hasil ini, para ilmuwan asal Manchester ini bikin website khusus yang diberi nama ‘Hooked on Music’.

Seperti dikutip dari CNET, dalam website tersebut seseorang harus bisa menduga lagu apa yang sedang dimainkan. Selama satu tahun “Hooked on Music” berhasil ngumpulin data dari 12.000 orang. Hasilnya pun ternyata cukup mengejutkan.

Di peringkat pertama dalam daftar 20 lagu ini ditempati oleh lagu ‘Wannabe’ milik girlband papan atas asal Inggris, Spice Girls. Ketika diperdengarkan lagu ‘Wannabe’, rata-rata orang hanya membutuhkan waktu 2,48 detik buat mengenali lagu ini.

Berdasarkan hasil riset tersebut, para peneliti saat ini sedang mencari tau elemen apa yang bikin sebuah lagu gampang diinget. Hal ini sendiri sampai sekarang masih jadi misteri karena terkadang ada lagu yang hanya cukup didengarkan sekali tapi langsung mudah diingat, akan tetapi ada juga yang justru sebaliknya, sulit terekam oleh memorti meskipun udah didengarkan berulang-ulang.

Para ilmuwan sendiri masih terus mencari tau bagaimana memori musikal sebenernya bekerja. Pemahaman tentang hal ini diharapkan bisa bermanfaat buat membantu orang dengan penyakit demensia. Seperti dikutip dari CNET.com, ini dia 20 lagu yang paling mudah diingat dalam 70 tahun terakhir.

Spice Girls – Wannabe (2,29 detik)

Lou Bega – Mambo No 5 (2,48 detik)

Survivor – Eye of The Tiger (2,62 detik)

Lady Gaga – Just Dance (2,66 detik)

ABBA – SOS (2,73 detik)

Roy Orbinson – Pretty Woman (2,73 detik)

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest