Follow Us

Hai

/

Art

Ternyata Mengagumi Karya Seni Punya Pengaruh Buat Kesehatan, Kok Bisa Ya?

Dimas Yulian - Sabtu, 22 Oktober 2016 | 01:00
Pameran Lukisan Anak Indonesia Jepang
Dimas Yulian

Pameran Lukisan Anak Indonesia Jepang

Kamu suka jalan-jalan ke Museum, pameran lukisan atau tempat bersejarah? Bakal ada satu alasan lagi buat kamu untuk meneruskan kegemaran kamu ini. Selain menambah pengetahuan, ternyata ada manfaat lain kamu mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang dipenuhi banyak karya seni.

Mengagumi karya seni ternyata mampu memberi kepuasan rohani dan menurunkan stress. Kepuasan inilah yang nanti akan berdampak baik buat kesehatan tubuh kamu. Hal ini terungkap oleh penelitian yang dilakukan terhadap 100 orang yang mengunjungi situs seni bersejarah Basilica Vicoforte di Italia, seperti ditulis situs Kompas.com, Selasa (18/10).

Penelitian ini dilakukan dengan mengukur kadar hormon kortisol yang diambil dari sampel air liur para peserta. Hormon kortisol sendiri adalah hormon yang dikenal sebagai hormon stres. Hormon kortisol sendiri sebenernya punya peran baik bagi tubuh. Tapi jika punya terlalu banyak juga akan merusak tubuh. Seperti menurunkan kekebalan tubuh misalnya.

Dalam penelitian yang dilakukan, air liur para peserta diuji sebelum mereka memulai tur Basilica Vicoforte. Kemudian para peserta yang terdiri dari cewek dan cowok dari berbagai rentang usia dan tingkat IQ berbeda itu diajak berkeliling Basilica Vicoforte selama dua jam.

Kemudian di sela tur, air liur peserta diuji kembali. Hasilnya, secara umum, hormon kortisol para peserta turun sekitar 60 persen.

“Lebih dari 90 persen peserta mengaku bahwa mereka merasa lebih baik setelah melihat karya seni di Basilica Vicoforte,” Professor Enzo Grossi yang terlibat dalam penelitian ini.

Nah, ini jadi tambahan satu alasan positif lainnya kenapa kamu harus sering berkunjung di museum, pameran lukisan, maupun tempat bersejarah lainnya. Selain bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang sejarah dan informasi akan suatu tempat.

Berkunjung di lokasi yang banyak menawarkan keindahan seni juga baik buat kesehatan kamu. Selain itu, ada satu lagi keuntungan positif buat kamu yang suka berkunjung di tempat-tempat seperti ini. Salah satunya adalah dapat melepas stres yang kamu punya serta menjadi aktifitas fisik yang sekaligus menambah wawasan.

Jadi, jangan cuma main di mall terus deh. Kalo ada tempat liburan yang menyediakan tambahan wawasan dan pengetahuan, sekaligus menawarkan kesehatan jiwa dan fisik. Kenapa nggak?

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest