Follow Us

Unik, Nobel Sastra 2016 diraih Oleh Seorang Musisi Legendaris. Lah, Kok Bisa Ya?

Dimas Yulian - Jumat, 14 Oktober 2016 | 05:30
Bob Dylan
Dimas Yulian

Bob Dylan

Pernah denger lagu dari Bob Dylan? Kalo belom, cepet tanya deh sama Ayah atau Kakak kamu. Bob Dylan adalah musisi folk legendaris super keren yang kamu harus tau, dan denger lagu-lagunya. Apalagi dia baru aja dapet penghargaan yang keren banget tahun ini. Namun, penghargaannya nggak ada hubungannya sama musik, karena musisi legendaris ini meraih hadiah Nobel Sastra 2016!

Pengumumannya sendiri dilakukan di Stockholm, Swedia, Kamis (13/10) lalu. Yang bikin spesial, Dylan menjadi penyanyi dan penulis lagu pertama yang dapet penghargaan Nobel Sastra ini. Bahkan dia menjadi orang Amerika pertama yang pernah mendapat penghargaan ini sejak novelis Toni Morrison mendapatkannya pada tahun 1993, seperti ditulis situs BBC.

Sara Danius, sekretaris tetap Akdemi Swedia mengatakan Bob Dylan terpilih karena dia adalah “Seorang penyair besar dalam tradisi penutur bahasa Inggris”.

“Selama 54 tahun, dia selalu menciptakan kembali dirinya, terus menerus menciptakan identitas baru,” kata Sara.

“Dylan telah merekam banyak album yang isinya banyak bercerita tentang kondisi sosial manusia, agama, politik, dan cinta,” tulis Akademi Swedia di catatan biografi yang disertakan dalam pengumuman mengenai penghargaan ini.

Penyanyi bernama asli Robert Allen Zimmerman ini, menggunakan nama panggung Dylan yang juga diambil dari nama seorang penyair, Dylan Thomas. Upacara penyerahan penghargaan ini sendiri baru akan digelar di Stocholm pada 10 Desember mendatang.

Beberapa minggu sebelum pengumuman, spekulasi tentang pemenang penghargaan ini banyak beredar di media. Beberapa nama familiar yang disebut antara lain, novelis Amerika Don DeLillo, novelis Jepang Haruki Murakami, penyair asal Suriah, Adonis, hingga novelis asal Spanyol, Javier Marias.

Nah buat kamu yang belom kenal siapa Bob Dylan, mulai dengerin deh lagu-lagunya dia. Kali aja, bisa jadi penyanyi legendaris sekaligus peraih nobel.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest