Follow Us

5 Fakta Seputar Kalori dan Obesitas yang Harus Kamu Tahu

Alvin Bahar - Kamis, 13 Oktober 2016 | 07:00
Ilustrasi remaja dengan kelebihan berat badan
Alvin Bahar

Ilustrasi remaja dengan kelebihan berat badan

Walau masih muda, kita harus peduli dengan jumlah kalori dan ancaman obesitas. Makanya, harus baca nih fakta-fakta seputar kalori dan obesitas. Cek ya!

Penderita obesitas makin nambah

Menurut Riset Kesehatan Dasar (2013), kondisi orang dewasa yang menderita obesitas atau kegemukan akibat mengonsumsi kalori berlebih, meningkat hingga 2 kali lipat dalam dekade ini sehingga 24 juta pria dan 40 juta wanita Indonesia saat ini menderita obesitas. Obesitas terjadi karena banyak hal, namun 90% kasus obesitas terjadi karena asupan makanan yang melebihi kebutuhan dan tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup untuk membakar kelebihan energi yang ada.

Penyebab terjadinya obesitas

Obesitas terjadi karena banyak hal, namun 90% kasus obesitas terjadi karena asupan makanan yang melebihi kebutuhan dan tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup untuk membakar kelebihan energi yang ada.

Penyebab ini disebabkan oleh 4 faktor. Yang pertama adalah hormon yang tak seimbang dan biasanya terjadi pada wanita di atas usia 25 tahun. Penurunan hormon pertumbuhan yang berfungsi menjaga massa otot, menyebabkan terjadinya penurunan massa otot. Faktor kedua adalah kinerja metabolisme yang melambat hingga 5% setiap 10 tahun sejak menginjak usia 25 tahun, sementara rata-rata orang dewasa di Indonesia mengonsumsi 500 kkal lebih banyak dari yang dibutuhkan setiap harinya.

Faktor ketiga terjadi karena kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Faktor keempat karena kurangnya jam tidur yang dapat menyebabkan metabolisme tubuh tidak teratur. Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Archives of Disease in Childhood, kurangnya waktu istirahat bisa memengaruhi pembentukan glukosa yang berujung pada munculnya penyakit diabetes.

Cara bakar kalori

Sebenernya mudah-mudah aja bakar kalori. Bahkan hal-hal sederhana pun bisa membabat kalori di tubuh kita. Contohnya seperti berjalan kaki, menaiki tangga, hingga berlari atau melakukan kegiatan olahraga apapun! Yang penting gerak guys!

Selain itu, pola makan juga jangan "asal kenyang" dan tanpa sadar kalori pun menumpuk di tubuh. Kamu perlu tau makanan dan cemilan yang rendah kalori biar nggak susah ngebakarnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest