Follow Us

Hati-hati, Obesitas Pada Remaja Bisa Pengaruhi Kecerdasan Lho!

Dimas Yulian - Selasa, 04 Oktober 2016 | 08:30
Ilustrasi remaja dengan kelebihan berat badan
Dimas Yulian

Ilustrasi remaja dengan kelebihan berat badan

Obesitas pada remaja ternyata bisa mempengaruhi kecerdasan! Yap, peneliti di Amerika menemukan fakta bahwa anak-anak dengan berat badan yang sehat, akan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam tes memori, kecepatan berpikir, dan kemampuan verbal.

Dalam penelitan tersebut, para pakar dari Amerika menguji kemampuan mental dari kelompok anak-anak yang berusia 10-18 tahun. Setengah dari mereka punya berat badan sehat, dan setengahnya punya tekanan darah tinggi atau hipertensi akibat badan yang kegemukan.

Dikutip dari situs Kompas.com, Dr. Marc Lande dari University of Rochester New York, mengatakan, “Ini menunjukkan bahwa obesitas dengan efek samping hipertensi pada remaja sangat mungkin berdampak pada fungsi otak, dan mungkin memengaruhi perkembangan otak pada anak-anak,” kata Marc Lande.

Tam Fry dari The National Obesity Forum mengatakan, “Beberapa tahun yang lalu kita mengasumsikan bahwa kekuatan otak bisa menjadi masalah orang dewasa yang disebabkan oleh obesitas. Kini masalah tersebut muncul di usia remaja dan sangat memprihatinkan”.

Satu dari lima anak usia SD di Inggris dinyatakan kelebihan berat badan atau obesitas. Data juga menunjukkan, 37 persen dari remaja muda yang terlalu gemuk, jumlahnya naik 28 persen sejak tahun 1995.

Hal yang lebih memprihatinkan, menurut Ketua Perhimpunan Blood Pressure UK¸ Katharine Jenner mengatakan bahwa yang lebih memprihatinkan ialah semakin banyaknya kasus tekanan darah tinggi pada anak di bawah usia 18 tahun. Nah lho!

Source : kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest