Follow Us

Punya Pacar Menyebalkan Ternyata Bikin Gampang Sakit Lho!

Dimas Yulian - Senin, 03 Oktober 2016 | 09:30
Ilustrasi pasangan yang menyebalkan
Dimas Yulian

Ilustrasi pasangan yang menyebalkan

Punya pacar yang mudah emosi dan gampang tersinggung? Awas bisa bikin kamu mudah sakit lho karena kamu jadi terlalu sering berhadapan dengan suasana hati yang buruk.

Seperti dilansir dari situs Kompas.com, penelitian pertama menunjukkan kalo punya pasangan yang bahagia berkaitan dengan kesehatan jangka panjang yang lebih baik. Khususnya di antara orang dewasa, setengah baya dan lebih tua.

Penelitian kedua menemukan fakta lainnya. Memiliki pasangan yang menyebalkan, seperti sering marah dan mudah mengeluh bisa bikin kamu lebih mudah terpapar penyakit.

Dr. William Chopik, asisten professor psikologi di Michigan State University yang memimpin kedua studi tersebut mengatakan, “Temuan ini secara signifikan menegaskan hubungan antara kebahagiaan dan kesehatan, menunjukkan hubungan sosial dan medis yang sangat unik,” kata William.

William mengidentifikasi setidaknya ada tiga alasan kenapa memiliki pasangan yang bahagia dapat meningkatkan kesehatan seseorang, terlepas dari kebahagiaan mereka sendiri.

Pertama, pasangan bahagia cenderung memberikan dukungan sosial kuat, dibandingkan dengan pasanagan yang fokus pada rasa stres.

Kedua, seseorang yang bahagia lebih mungkin untuk membantu pasangannya dalam mencapai kebahagiaan yang sama dengan cara sehat, seperti makan makanan bergizi dan olahraga.

Ketiga, pasangan bahagia bikin hidup kamu lebih mudah karena nggak melulu fokus sama rasa stress. Hal-hal itulah yang akhirnya mempromosikan kesehatan jangka panjang buat kamu.

“Memiliki pasangan bahagia dapat meningkatkan kesehatan seseorang lebih signifikan, ketimbang saat kamu merasakan bahagia seorang diri,” tambah William.

Source : kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest