Follow Us

SMK “Cari Jodoh”

- Senin, 03 Oktober 2016 | 04:15
SMK “Cari Jodoh”
Hai Online

SMK “Cari Jodoh”

Ada yang bilang ’jodoh itu di tangan Tuhan’, tapi biar cocok sama jodoh kita, kadang perlu adanya usaha keras untuk mencarinya. Kita jadi perlu berkenalan, berani jadian sampai jalan bareng sama jodoh kita.

Begitu juga dengan mencari kerja, semua itu harus diusahakan dulu biar cocok dan sesuai sama keahlian. Caranya kenalan sama banyak perusahaan dan pilih salah satu yang paling cocok untuk dijadikan tempat kerja yang nyaman buat kehidupan.

Nah, seperti halnya dalam kegiatan Job Matching SMK 2016 yang digelar di SMK N 13 Bandung yang berada di jalan Soekarno Hatta KM .10 Bandung pada Rabu-Kamis (7-8/9) kemarin, nggak sedikit lho perusahaan yang membuka kesempatan berkenalan dengan para lulusan SMK se-Jawa Barat ini demi menemukan jodoh (baca: karyawan) lulusan SMK.

Ada sekitar 48 perusahaan yang ikut memperkenalkan dunia usaha dan dunia industri, serta memfasilitasi perkenalan tersebut demi proses rekruitmen tenaga kerja khusunya tamatan SMK dari Kota Bandung dan umumnya Provinsi Jawa Barat.

Perusahaan/Industri tersebut diantaranya; PT. Kalbe Farma, PT. Pharos, PT. Pratapa Nirmala, PT. Jaya Kencana, PT Propan, PT IOL,PT. Surteckarya Indonesia, PT. Lestari Mahaputra Buana, PT. Paragon, PT. Gracia Pharmindo dll. Ada banyaj bidang yang bisa dipilih, diantaranya bidang farmasi, makanan dan minuman, batu bara, perhotelan, cat, tekstil, otomotif, perbankan, restoran, retail dan lain sebagainya.

Banyak industri yang melaksanakan rekrutmen langsung di tempat. Pada Kegiatan Job Matching ini diisi juga dengan berbagai kegiatan di antaranya seminar bertemakan “ Peningkatan profesionalisme tenaga kerja dalam menghadapi era MEA “ sebagai nara Sumber dari wakil Kadin Jabar Ari Hendarmin, SH.MH. dan “ Pentingnya Sertifikasi dalam peningkatan profesionalisme dalam menghadapi persaingan kerja di era MEA”, nara sumber Dr. Andri Gautama, M.T.sebagai manager Cisco Asia.

Selain itu, ada juga acara Talk Show dari para alumni SMKN 13 Bandung yang sudah berhasil baik sebagai pengusaha maupun pejabat di dunia usaha dan dunia industri, serta digelar juga pentas seni dari siswa-siswi SMK.

Sekitar 2500 pengunjung dari tamatan berbagai SMK di Jawa Barat menghadiri kegiatan Job Matching ini dan langsung mendaftar ke beberapa industri yangdi tuju. Dari kegiatan ini diharapkan banyak tamatan SMK yang dapat di serap di Dunia Usaha dan dunia Industri.

“Dengan adanya Job Matching ini diharapkan adanya relevansi dunia pendidikan khususnya SMK dengan dunia Kerja,” ucap Ramdan, S.Pd. M.Si. Kepala SMKN 13 Bandung seperti rilis yang HAI terima.

Kegiatan ini di dukung oleh DirektoratPembinaan SMK Direktorat Jendral Pendidikan dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat serta Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat Dr.Ir. Ferry Sofwan Arif, M.Si. Dalam kegiatan ini turut di hadirkan pula Kepala Dinas Provinsi JawaBarat Dr. H. Asep Hilman, M.Pd. Kepala Dinas pendidikan Kota Bandung Dr. H. Elih Sudiapermana, M.Pd. Wakil Kadin Jabar Ari Hendarmin, SH, MH. Priana Wirasaputra (Asisten Pemerintah Sekertaris Daerah Kota Bandung). Dr. Adri Gautama, M.T. serta dua orang perwakilan dari Direktorat Pembinaan SMK Subdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerja sama Industri yaitu Ibu Amalia Susiami, M.Pd dan Bapak Oma untuk mengevaluasi berlangsungnya kegiatan tersebut.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular