Follow Us

Catet! Ini manfaat minum susu bagi remaja

Dimas Yulian - Minggu, 02 Oktober 2016 | 03:00
Ilustrasi minum susu
Dimas Yulian

Ilustrasi minum susu

Nggak suka minum susu? Mending pikirin lagi deh. Susu memiliki kandungan gizi alami berlimpah yang menyimpan banyak manfaat buat tubuh. Termasuk berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga mekanisme pertahanan tubuh kamu terhadap penyakit.

Nah sayangnya, secara umum Indonesia memiliki tingkat konsumsi susu paling rendah dibanding negara-negara Asia Tenggara lainnya, yang hanya 12 liter per kapita per tahun. Jauh tertinggal dengan Malaysia 39 liter, Vietnam 20 liter, dan Thailand 17 liter.

Berdasarkan data Nielsen pada Usage & Attitude Studies 2011, secara global usia 13-20 tahun hanya mengonsumsi susu 11 liter per kapita per tahun, dan hanya 4 liter per kapita per tahun pada usia 21-29 tahun.

Rendahnya konsumsi susu di usia produktif emang cukup memprihatinkan. Padahal, kesehatan adalah modal utama untuk berkarya, terutama bagi mereka yang berusia 18-30 tahun yang dikenal sebagai the Yanks.

The Yanks adalah rentang usia Young-Adulthood yang termasuk generasi aktif dan produktif yang selalu berupaya mengejar mimpi dan menjawab tantangan kehidupan.

Menurut psikolog Dra. Retno Dewanti Purba, MpsiT, the Yanks adalah generasi yang penuh ide dan ambisi dalam mengejar mimpi.

“Generasi the Yanks punya sederet check-list yang harus dipenuhi, mulai dari menyelesaikan pendidikan yang lebih tinggi, mencari pekerjaan, hingga target meraih sukses dalam karir,” jelas Retno, Selasa (27/9) seperti dilansir dari laman Kompas.com.

Tantangan tersebut menuntut seorang generasi the Yank untuk selalu mengembangkan diri, mandiri, dan berdedikasi. Kalo sudah begitu, faktor kesehatan jangan sampai dilupakan.

Retno menambahkan, bahwa sangat penting bagi generasi the Yanks untuk peduli pada kesehatan jiwa dan raga.

“Membangun kebiasaan hidup sehat sangat penting di usia ini. Selain berolahraga, minum susu juga akan memberikan energi untuk melakukan setumpuk aktifitas,” kata Retno. Nah mulai sekarang, mulai deh kebiasaan baik buat minum susu!

Source : kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest