Follow Us

Minum Susu Sebelum Olahraga!

Al Sobry - Jumat, 12 Juni 2015 | 10:13
Minum Susu Sebelum Olahraga
Hai Online

Minum Susu Sebelum Olahraga

Selamat dulu buat kalian yang rajin berolahraga ditambah rajin minum produk susu sebelum olahraga! Pasalnya minum susu sebelum olahraga dapat mengurangi risiko tulang patah lho.

Kesimpulan ini diambil dari hasil studi baru Australian Institute of Sports (AIS).

AIS menemukan bahwa makanan kaya susu jika diminum sekira dua jam sebelum olahraga dapat menggantikan kehilangan kalsium selama kegiatan olahraga dilakukan.

Nih, biasanya para atlet olahraga seperti bersepeda, kayak, dan renang, akan kehilangan kalsium selama mereka berkeringat.

Kondisi ini juga melemahkan tulang yang bisa berdampak pada osteoporosis di masa mendatang. Penjelasan dari ketua Nutrisi Olahraga AIS Louise Burke, mengatakan bahwa penelitian ini menunjukkan kalau tubuh kita lelah, ditunjukan dengan keringat berlebih, saat itu pula mereka membutuhkan kalsium.

Darimana tubuh mendapatkan asupan makanan kalsium kalo bukan mereka ambil (cerna) dari tulang?

"Makanya, tulang harus mendapatkan kembali kalsium dari aliran darah untuk menggantikan kalsium yang hilang. Tubuh kita melakukan hal itu untuk menjaga agar kadar kalsium darah tetap stabil. Jadi, setiap kali mineral berkurang, ini harus segera mendapat kalsium dari dalam aliran darah," kata Burke.

Olahraga dengan intensitas low impact, di mana aktivitas yang membebani bantalan tulang, menyebabkan kepadatan mineral tulang menurun. Untuk itu, AIS menyarankan agar atlet mengonsumsi tiga gelas susu standar sebelum latihan.

"Mereka yang senang bersepeda, misalnya, bisa memikirkan pilihan sarapan sebelum bersepeda atau ketika mereka berhenti di kafe saat berkendara di akhir pekan. Pertimbangkan untuk memesan latte atau cokelat panas, daripada kopi hitam," pesannya.

Tuh, ini berlaku juga buat para pelari lho! Ayolah minum susu dulu, bro! (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest