Follow Us

Farah Yumna: Pemanah Muda Masa Kini

Rizki Ramadan - Jumat, 16 September 2016 | 14:30
Farah Yumna: Atlet Panahan Muda Dari SMAN 1 Semarang
Rizki Ramadan

Farah Yumna: Atlet Panahan Muda Dari SMAN 1 Semarang

Mungkin cabang olahraga ini belum terlalu sering kita obrolin, padahal olahraga ini salah satu cabang olahraga yang menarik dan menantang lho! Kali ini kita akan ngebahas tentang cabang olahraga panahan. Jangan kira olahraga ini hanya bisa digeluti oleh para cowok saja, buktinya teman kita, Farah Yumna Faqih, cewek manis yang sekarang duduk di bangku kelas 11 SMA Negeri 1 Semarang ini serius menggelutinya.

Ceritain dong awal mula masuk ke dunia panahan!

Awalnya cuma ikut ekskul panahan waktu SMP, karena rajin latihan, akhirnya ikut Popda kota. Terus ada temennya papaku nawarin kalau aku emang serius, lalu latihan di Klaten, dan akhirnya aku latihan di Klaten. Setelah seminggu latihan, aku maju ke Popda pertama waktu SMP tahun 2013 dan dapet perunggu di jarak 30 meter.

Setelah lulus SMP, aku ditawarin masuk PPLP, PPLP itu pusat pendidikan dan pelatihan pelajar, disitu adalah tempat pemusatan atlet-atlet dari Jawa Tengah untuk latihan disitu dengan target mengejar ke popnas. Untuk masuk kesitu, ada seleksi yang harus dijalani, peserta yang ikut seleksi banyak banget dan aku diterima.

Farah Yumna: Atlet Panahan Muda Dari SMAN 1 Semarang
Terus, prestasi apa aja yang udah diraih?

  • Popda SMP tahun 2013: 1 medali perunggu
  • Popda tahun 2014: 1 medali emas, 2 medali perak.
  • Popda Propinsi Jateng Tingkat SMP 2015: 1 medali emasi jarak 40 m ronde Nasional, 1 medali perak jarak 30 m ronde nasional, medali perak total jarak nonde nasional.
  • Popda Propinsi Jateng tingkat SMA 2015: 1 medali perunggu jarak 40 m ronde nasional.
  • Kejuaraan Daerah Panahan Propinsi Jateng 2016: 1 medali perak jarak 30 m ronde nasional dan 1 medali perunggu total jarak ronde nasional.
  • Popda provinsi jateng tingkat SMA 2016: 1 medali emas total jarak ronde fita compound.
Kami kan belum akrab nih sama panahan, ceritain dong, yang dinilai dalam kompetisi itu apa aja?

Skor. Jadi, target, kan, ada enam lingkaran, yang kuning ada dua, merah ada dua, biru ada dua. Lingkaran kuning paling tengah itu nilainya sepuluh, kuning kedua 9, merah pertama nilainya 8 terus yang kedua nilainya 7, birunya 6, paling luar 5.

Siapa idola kamu dalam bidang panahan?

Sebastian Peineau. Soalnya dia kalau lomba percaya diri, terus juga jarang banget meleset dari lingkaran kuning.

Suka duka dalam bidang panahan apa aja?

Sukanya sih karena seru aja bisa manahin target, ngelatih kesabaran juga, dukanya kalau ada atau banyak angin. Jadi misalnya akunya udah tenang terus ada angin akhirnya bikin panahnya oleng, nggak kena target.

Panah kan termasuk cabang olahraga yang anti mainstream, gimana nih perasaanmu bisa masuk dan berprestasi dibidang panahan?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest