Follow Us

Indonesia Makin Berjaya Dalam Olimpiade Sains Dunia

Rian Sidik (old) - Selasa, 18 Juni 2013 | 05:04
Indonesia Makin Berjaya Dalam Olimpiade Sains Dunia
Rian Sidik (old)

Indonesia Makin Berjaya Dalam Olimpiade Sains Dunia

Pencapaian para pelajar Indonesia dalam mengikuti Olimpiade Sains tingkat dunia sangat membanggakan. Terlihat ada progres yang semakin meningkat sejak pertama kali Indonesia mengikuti Olimpiade Fisika Internasional tahun 1993 hingga sekarang, secara keseluruhan mereka telah meraih 103 medali emas, 86 medali perak, dan 129 medali perunggu.

Menurut legenda pelatih Tim Olimpiade Fisika Indonesia, Prof. Yohanes Surya, PhD, beberapa waktu lalu, hal ini membuktikan bahwa anak-anak Indonesia terbukti cerdas dan bisa bersaing dengan anak-anak dari negara lain. Bahkan tahun ini, di Asia Physics Olympiad, Himawan Wicaksono Winarto dari Indonesia berhasil menjadi juara umum mengalahkan pesaing terberat dari China. "Ini adalah prestasi yang luar biasa," jelas pendiri Surya Institute dan Surya University ini.

Hal senada diungkapkan Syailendra Harahap, pembina tim Indonesia dalam kompetisi International Conference of Young Scientists (ICYS) dan Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS). Dalam kedua kompetisi presentasi karya ilmiah tersebut, presentasi anak-anak Indonesia kerap dinantikan oleh negara-negara asing lain.

"Presentasi anak-anak Indonesia banyak mendapat pujian dari negara asing. Bahkan negara-negara Eropa banyak menjadikan presentasi mereka sebagai contoh," ujarnya. Salah satu presentasi anak Indonesia yang merebut medali emas dalam APCYS 2013 adalah presentasi karya ilmiah mengenai putri malu yang dilakukan oleh Natasha Kristie.

Hmm..., patut untuk kita nantikan prestasi para pelajar Indonesia dalam Olimpiade tingkat Internasional berikutnya.

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest