Follow Us

Social Unplugged: Cara Murid IPS Bikin Galang Dana Sosial

Rizki Ramadan - Kamis, 08 September 2016 | 03:00
Social Unplugged 2014
Rizki Ramadan

Social Unplugged 2014

Di September ini, ternyata di agenda SMAN 81 Jakarta ada program rutin yang digelar oleh anak-anak kelas sosial, loh! Acara ini, konon sudah ada sejak 10 tahun silam, lho. Seperti apa, sih kegiatan ini? Let’s check this out

Sosun merupakan singkatan dari Social Unplugged, yang arti menurut istilah adalah pertunjukan akustik yang dipersembahkan kelas sosial untuk menggalang dana bakti sosial yang akan diperuntukkan yang membutuhkan. Pada awalnya, hanya ada penampilan akustik yang ditampilkan pada acara ini. Namun, seiring berjalannya waktu, pertunjukan sosun ini tak hanya akustik, melainkan ada atraksi, dance, dan drama oleh anak kelas sosial sendiri.

Tak hanya itu, ada pula rangkaian kegiatan lainnya, seperti Car Free Day, dan buka bersama anak yatim di panti asuhan di bilangan Pondok Gede, Jakarta Timur. Selain penampilan, urusan dana yang mereka kumpulkan nggak tanggung-tanggung hingga mencapai kisaran di atas 30 juta! Fantastis, bukan? Sebagian kecil dana, digunakan untuk kebutuhan teknis pertunjukan seperti sound system, dekorasi, dan lainnya. Sisanya, 100% digunakan untuk kegiatan amal. Mulia sekali, ya?

Seluruh rangkaian penampilan dan persiapan ini disiapkan dan dirancang khusus oleh siswa kelas sosial kelas 11 dan kelas 12 yang sudah dipersiapkan sejak awal than 2016. Dari sound system, mencari sponsorship dan CSR, hingga design layout dikerjakan sendiri oleh mereka. Untuk sosun tahun ini, mengusung Time Travel sebagai tema mereka. Dimana akan ada dinamika waktu masa ke masa yang dihadirkan pada penampilan yang akan mereka tampilkan. Tak hanya itu, untuk tahun ini, kelas sosial SMAN 81 Jakarta ini akan mendonasikan dana yang mereka galang ke dua panti sekaligus.

Patut dicontoh kegiatan amal ini untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap sesame di jiwa muda Indonesia. Semoga sukses Social Unplugged, ditunggu kabar baiknya! Jangan lupa ikuti akun instagram Sosun,

Cek nih dokumentasi Social Unplugged tahun lalu:

Ditulis oleh:

Alifa Shavira - SMAN 81 Jakarta

sebagai bagian dari program 7 Hari Bercerita bersama Hai School Crew, komunitas wartawan SMA majalah HAI.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest