Follow Us

Mengintip Kehidupan Pelajar Sekolah Asrama dan Pesantren

Rizki Ramadan - Selasa, 06 September 2016 | 12:00
Mengintip Kehidupan Pelajar Sekolah Asrama dan Pesantren.
Rizki Ramadan

Mengintip Kehidupan Pelajar Sekolah Asrama dan Pesantren.

Orang bilang tinggal di pesantren/asrama kayak tinggal di penjara. Kenyataannya, tinggal di asrama masih bisa melakukan kegiatan menyenangkan, kok!

Anak-anak pesantren atau asrama dikenal sebagai anak-anak disiplin yang punya jadwal keseharian dan kegiatan monoton. Eits, jangan salah. Tinggal di asrama memang punya jadwal kegiatan yang “ketat dan membosankan” tapi bukan berarti para santri-santriwati di pesantren nggak punya kegiatan-kegiatan yang fun, lho! Apa aja sih kegiatan santri-santriwati di pesantren? Ini dia kegiatan para santri-santriwati hasil pantauan Hai!

1. Berkegiatan Seharian Penuh

Nah, kalau kegiatan ini, bisa dibilang kegiatan formal sebagai santri atau santriwati. Setiap Islamic boarding school (pesantren) pasti punya jadwal masing-masing. Seperti yang di ceritakan Rama, siswa SMA Daarul Qur’an,

“Pukul 3 anak-anak udah dibangunin sama piket malam. Piket malam itu kerjaannya begadang dan bangunin anak-anak. Nah, ada yang gampang dibangunin, ada juga yang tidur kayak orang mati, harus dipukul pakai tongkat dulu atau disiram air baru bangun, hahahaha. Setelah bangun, sholat tahajud atau ngaji. Ada juga yang nyari tempat ngumpet buat tidur lagi. Setelah itu sholat shubuh, lalu dilanjut menghapal al-qur’an sampai pukul 6.”

“Setelah itu siap-siap, sholat dhuha, baru masuk ke kelas masing-masing. Istirahat pertama cuma 15menit, bentar amat kan, kesel banget. Jam 11:30 persiapan sholat dzuhur, setelah kajian hadist boleh tidur atau makan siang. Lanjut kelas lagi jam 13:30 sampai jam 3 sore. Setelah sholat ashar dan kajian al-qur’an, anak-anak dikasih waktu bebas menjelang maghrib, diwaktu ini lah team #AntiMandi nggak mandi, mager. Setelah shalat maghrib, makan malam diruang serba guna. Di sana, harus bawa piring sendiri, daripada bolak-balik, harus berinisiatif bawa tas berisi alat makan dengan resiko dititipin piring sampai 3 lusin! Hahaha”

“Setelah isya, kembali ke kamar untuk pembagian vocabulary Bahasa arab dan Inggris. Kemudian ke lapangan untuk belajar malam atau mengulang hapalan. Setelah itu persiapan tidur. Batas tidur di sini maksimal jam 11 malam, kalau ada yang ketahuan belum tidur sama bagian keamanan, siap-siap aja paha memar,jalan pincang, dan sakit hati. Begitu kalau weekdays.

“Beda lagi kalau weekend, lari pagi disusul dengan piket bersama. Jam 9 pagi sampai 5 sore bisa izin keluar. Eits, jangan harap mudah dapat izinnya, tapi gue punya cara cepet penuh resiko sih, lo pesen mobil online, terus cabut, deh! Tapi kalau ketahuan, siap-siap rambut lo ilang!” cerita Rama panjang lebar.

wah, ngeri-ngeri asoy banget ya.

2. Hobi tetap jalan, kok!

Di sela jadwal para santri-santriwati yang super padat ini, sebagai remaja biasa, mereka pasti punya hobi masing masing, dong. Seperti kata para santri-santriwati ini.

“Kalau lagi ada waktu kosong atau lagi bosen gue paling suka gambar sih. Karena daripada nggak ngapa-ngapain, mending gambar-gambar” ujar Salamah, siswi SMA Future Gate. Berbeda dengan salma, siswi SMAIT Al-Kahfi “aku sukanya nulis, nggak seru ya. Hahah. Aku nulis kalau malem pas waktu luang. Soalnya ada club menulis juga. Aku suka nulis sajak-sajak gitu.” Berbeda lagi dengan Rama dan Bayu yang lebih suka berolahraga. “gue sih, lebih suka main basket sama baca novel waktu lagi gabut. Dan baca al-Qur’an waktu khilaf” aku Rama.

3. Tetap eksis di event sekolah

Never underestimate an Islamic boarding school! Walaupun pesantren terkenal dengan peraturan ini-itu yang super ketat, jangan kira mereka tidak punya event sekolah! Seperti yang diceritakan Bayu, siswa SMA Insan Cendikia Al-Kausar “Namanya ALPHASEISMIC, kepanjangan dari ALKAUSAR presents Hall of Art, Sport, English, Islamic and Science Competitions. Event tahunan, sejenis dengan Sportcup dan Pensi kalau di sekolah-sekolah biasa. Banyak lomba-lomba, dan ada closing ceremony yang ngundang guest star”.

Lain lagi dengan kegiatan sekolah Salma, Siswi SMAIT Al-Kahfi “wah kalau event sekolah gitu banyak, ada Al-Kahfi goes to campus, Annual event. Education festival, bahkan ada prom night dan farewell party!” wah, ternyata pesantren nggak kalah seru ya sama sekolah biasa.

Source: HAI MSP

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest