Follow Us

5 Tipe Youtuber Masa Kini. Kamu Termasuk yang Mana?

Rizki Ramadan - Senin, 05 September 2016 | 08:00
YouTuber
Rizki Ramadan

YouTuber

“…. Youtube, youtube, youtube lebih dari TV….”,

Ya, potongan lirik pada bagian verse Jovial da Lopez di lagu Ganteng Ganteng Swag bisa dibilang benar adanya. Tak dapat dipungkiri, di masa kini memang kita cenderung lebih sering mengakses youtube dibandingkan dengan menonton televisi. Dengan bermodalkan gadget dan kuota internet, kita sudah dapat menonton video-video yang tersedia di youtube. Sangat praktis, bukan? Nah, melihat kesempatan ini, youtuber tak tanggung-tanggung menyajikan konten dalam video mereka agar dinikmati oleh para penonton. Seperti apa, sih kira-kira? Yuk, mari kita simak!

  1. Vlog
Yap, belakangan ini vlog sangat digandrungi oleh kebanyakan youtuber. Tren ini dibawa oleh tak lain dan tak bukan Arief Muhammad. Vlog sendiri, merupakan video blog, dimana vlogger akan mendokumentasikan aktivitasnya dan dibagikan ke khalayak ramai. Namun, menurut Cut Laras, siswi SMAN 81 Jakarta ini mengatakan bahwa vlog sendiri harus memiliki pesan dan juga konsep, namun harus natural dan spontan agar konten lebih menarik dan para penonton tidak bosan menonton video vlog.

  1. Beauty guru
Selain vlog, ada pula beauty guru, yang biasanya diminati oleh remaja kaum hawa dalam masalah penampilan dan kosmetik. Konten yang ditawarkan oleh para beauty guru ini, biasanya tentang life hacks seputar kecantikan dan kesehatan, review make up, tips penggunaan jenis-jenis pakaian, dan tutorial make up. Menurut Fahni Trijayanti, siswi SMAN 100 Jakarta ini berpendapat bila konten pada beauty guru sangat bermanfaat dan informatif, namun terkadang durasi yang lama membuatnya bosan, karena ada beberapa klip tidak perlu yang tidak dipotong.

  1. Komedi
Nah, youtuber yang menyajikan konten ini, biasanya videonya dapat dinikmati oleh segala kalangan. Mulai dari memparodikan scene film, hingga prank yang menggunakan beragam trik. Contohnya, seperti Video komedi dapat menjadi hiburan saat jenuh dan di waktu luang, sayangnya makin kesini prank yang disajikan terkadang terlalu dibuat-buat dan tidak natural menurut pendapat M. Ariq Naufal, siswa SMAN 68 Jakarta ini.

  1. Couple dancer
Nah, yang satu ini sedang ramai ditonton oleh kalangan remaja. Contohnya, seperti duet tari oleh Nyoman David dan Beverly Nawilis yang sederhana dan mudah diaplikasikan membuat para penikmat terkadang me-remake tarian mereka. Selain itu, chemistry mereka yang sangat natural dan juga pemilihan lagu yang sangat hits membuat pasangan duet tari ini jadi pilihan tontonan Mega Pramesti, Siswi SMAN 91 Jakarta ini.

  1. Content Digger
Dan yang terakhir, adalah tipe content digger. Apasih content digger itu? Yaitu youtuber yang menggali suatu konten berkualitas yang menandung suatu ide kreatif dan unik, lain daripada yang lain. Seperti contohnya, aulion, Chandraliow yang memiliki suatu ciri khas dalam konten-konten yang mereka sajikan. Menurut Yoshua Marcellos, siswa SMAN 81 Jakarta ini, para content digger ini menginspirasinya untuk memulai menjadi membuat akun youtubenya, yinyang tv inc. yang membuatnya semangat untuk mengulik youtube. Sukses selalu, Cellos!

Nah, dengan 5 tipe youtuber tersebut pilihlah dengan baik dan cermat, juga gunakanlah internet untuk hal-hal positif yang menginspirasi kita semua. Semoga bermanfaat!

oleh:

Alifa Shavira - SMAN 81 Jakarta

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest