Follow Us

Teman di Medsos Bukanlah Sahabat di Dunia Nyata Lho

Al Sobry - Kamis, 21 Januari 2016 | 03:15
Teman di Facebook cuma teman aja
Hai Online

Teman di Facebook cuma teman aja

HAI-Online.com – Senang karena mendapatkan teman baru dari media sosial (medsos) boleh-boleh aja, kok, tapi perlu diingat, teman di medsos bukanlah sahabat di dunia nyata lho.

Meski jumlahnya sudah ratusan bahkan ribuan, koleksi teman di medsos sama sekali nggak menjamin kalau kamu telah mendapatkan sahabat karib yang sohib abis, bro!

Fakta ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Profesor Robin Dunbar dari Oxford University terhadap 3.500 orang Inggris yang aktif bermedia sosial.

Seperti dilansir Kompas.com dari Dailymail, Dunbar menemukan, rata-rata respondennya memiliki 155-185 teman di akun Facebooknya, dengan responden kebanyakan perempuan dan anak muda yang memiliki jaringan pertemanan lebih banyak.

Baca Juga : Muka Zachary Levi Ada Dimana-mana, Dia Minta Maaf ke Semua Pengemar Shazam!

Kemudian, ketika ditanya, "Saat punya masalah dan mempostingnya ke halaman Facebook, berapa sih, jumlah teman yang menawarkan bantuan?"

Hasilnya, cukup miris, guys! Ternyata, hanya ada 14 orang yang menyatakan simpati dan hanya ada empat teman yang tulus menawarkan bantuan.

Professor Dunbar mengatakan, "Responden yang memiliki jaringan luas tidak berpengaruh pada jumlah teman dekat, justru menurunkan jumlah orang dalam lingkaran persahabatan mereka. Sebab, hampir tiap media sosial tidak memungkinkan seseorang membuat banyak lapisan,".

Singkatnya, Dunbar mengatakan bahwa media sosial menurunkan kualitas persahabatan. Persahabatan yang berawal dari media sosial hanya berfungsi dengan baik, apabila kamu dan teman di maya terus melakukan komunikasi rutin bukan cuma pas online namun juga offline.

Baca: 10 Tanda Sahabat Lo Bukan Sahabat Lo Lagi!

"Teman media sosial dapat berubah menjadi 'hanya kenalan' apabila kamu nggak berinteraksi langsung untuk merawat persahabatan," tambah Dunbar.

Nah, kamu punya teman berapa sih, komentar dong!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest