Follow Us

Dua Musuh Utama Kulit: Jerawat Dirawat, Penuaan Dini Dilawan

Al Sobry - Selasa, 28 Februari 2023 | 15:55
Dua Musuh Utama Kulit: Jerawat Dirawat, Penuaan Dini Dilawan

Dua Musuh Utama Kulit: Jerawat Dirawat, Penuaan Dini Dilawan

HAI-Online.com - Memiliki kulit yang sehat adalah dambaan bagi setiap orang, terutama bagi kaum hawa dan mereka yang punya perhatian pada kesehatan kulitnya.

Namun ada banyak faktor dsri dalam dan luar yang juga mempengaruhi kesehatan kulit kita, seperti faktor usia, faktor lingkungan, dan faktor lainnya yang dapat menyebabkan munculnya permasalahan kulit termasuk jerawat dan penuaan dini yang banyak dihindari orang.

Nah, memahami hal tersebut, Derma XP menggelar acara Innovative Scientific Talk Show dengan mengangkat tema Skin Microbiome, Acne, Aging: Connecting The Dots.

Baca Juga: Menurut Pakar, Dua Love Language Ini Paling Susah Cari Pasangan

Acara ini menghadirkan banyak pembicara dan ahli dermatologist yang fokus melawan dua musuh kulit kita, yaitu jerawat dan penuaan dini.

Menurut dr. Lilik Norawati, seorang Dermatologist Klinik Kartika Estetika RSPAD Gatot Soebroto, kulit wajah kita memiliki siklus pergantian sel secara alamiah. Begitupun dengan proses penuaan kulit yang terjadi secara natural dan dapat dipengaruhi oleh perubahan-perubahan yang terjadi baik secara intrinsik maupun kerusakan ekstrinsik.

Nah, penuaan karena faktor intrinsik diitandai dengan kulit yang kendur serta kerutan dan garis-garis ekspresi yang terlihat lebih jelas.

Sementara untuk penuaan karena dipengaruhi faktor ekstrinsik ditandai dengan adanya tanda penuaan atau bintik hitam, kerutan yang mendalam, epidermal atrophy atau kulit kering, dan juga leathery appearance atau kulit yang kasar.

“Penuaan karena faktor intrinsik terjadi karena kerusakan alami, komponen kulit, dan penurunan kemampuan regenerasi sel sementara itu pengaruh lingkungan seperti paparan sinar matahari, polusi, udara, asap rokok merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi penuaan secara ekstrinsik,” ungkap dr. Lilik di acara Talkshow.

Nggak cuma masalah penuaan dini, masalah jerawat juga sering kali mengintai banyak orang. Penyakit jerawat dapat muncul ketika terjadi lonjakan hormon seks (androgen) yang membuat kelenjar minyak di wajah menjadi lebih aktif, sehingga menghasilkan sebum terlalu banyak dan mengakibatkan pori-pori gampang tersumbat.

Ditambah lagi, dengan faktor luar yaitu menempelnya debu, kotoran, dan bahkan bakteri akan menimbulkan reaksi peradangan pada kulit yang kemudian menjadi jerawat.

“Acne vulgaris atau jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering kita temukan di praktek. Ada sekitar 47 sampai 90 persen remaja dan dewasa muda di dunia pernah mengalaminya.

Source : Hai Online

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular