Follow Us

Paramore Punya Kesan Aneh untuk Skena Emo dan Pop-Punk Tahun 90-an

Rifka Amalia - Kamis, 16 Februari 2023 | 17:05
Paramore Hayley Williams at Rock Im Park 2013 in Nürnberg.
Sven-Sebastian Sajak

Paramore Hayley Williams at Rock Im Park 2013 in Nürnberg.

HAI-ONLINE.COM – Setelah meluncurkan tiga karya pertama mereka di awal tahun 2000-an, “All We Know Is Falling” (2005), “Riot” (2007) dan “Brand New Eyes” (2009) – kini Paramore dipandang sebagai salah satu ikon terpenting yang muncul dari kancah pop-Punk dan emo.

Pasca hiatus sejak kemunculan “After Laguhter” pada 2017 lalu, tahun ini Paramore merilis sebuah album baru “This Is Why”, yang menampilkan total 10 tracks di dalamnya (10/02).

Dalam wawancara baru-baru ini bersama NME, pentolan Paramore, Hayley Williams, membuka hubungannya yang rumit dengan skena emo tahun 90-an, dan bilang bahwa itu adalah dunia yang ‘aneh’ di mana orang-orang tertentu ‘nggak merasa diterima’.

Di tengah promosi album studio ke-6 “This Is Why”, frontwoman itu mencatat tentang bagaimana komunitas emo dan pop-Punk pada tahun tersebut ternodai oleh budaya non-inklusifnya, tepatnya pada tahun-tahun awal ketika ia mulai bergabung.

Baca Juga: Habis Posting Status WA 'See You Teman', Pelajar SMK Bunuh Diri

“Ini history revisionis dengan topik yang nggak terlalu berat,” kata Williams.

“Orang-orang ngelihat ke belakang dengan kacamata rose-tinted glasses ini. Mereka ngomong tentang hal yang baik dan ngelupain sisanya. Itu adalah skena alternatif karena suatu alasan – itu aneh,” tuturnya.

Buat yang nggak tahu, ‘rose-tinted glasses’ adalah sebuah idiom yang yang punya persepsi optimis dan positif dalam melihat sesuatu sesuatu.

Artinya, di sini Williams mencoba mengungkapkan bahwa orang-orang selalu menganggap era emo tahun 2000-an sebagai sesuatu lebih baik daripada yang sebenarnya.

Berbicara tentang mengapa skena tersebut sering memandang wanita dengan cara yang menghina, doi melanjutkannya dengan bilang bahwa dia cukup marah tentang sekelompok orang yang diintimidasi.

“Anak-anak itu diintimidasi, itulah kenapa banyan banget cowok yang menulis lagu-lagu buruk tentang ‘ex-girlfriends’. Gue cuma marah tentang ketidakadilan sekelompok orang yang diintimidasi, yang pada dasarnya nyiptain dunia di mana orang lain nggak merasa diterima.”

Terlepas dari hubungannya yang nggak nyaman dengan skena di mana Paramore dibesarkan, Williams mengungkapkan bahwa lagu “Crave” yang jadi bagian album “This Is Why”, telah mengeksplorasi keinginannya buat menghidupkan kembali tahun-tahun kemunculan awal band.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest