Follow Us

Secara Saintifik dan Teori, Berapa Lama Sih Manusia yang Sehat Dapat Hidup?

Al Sobry - Selasa, 24 Januari 2023 | 10:35
Nenek tertua di bumi

Nenek tertua di bumi

Sejak itu, kemajuan medis dan peningkatan kondisi kehidupan mendorong limit tersebut kembali ke beberapa dekade.

Tonggak sejarah baru tercapai ketika perempuan Prancis Jeanne Calment merayakan ulang tahunnya yang ke-120 pada tahun 1995 silam.

Nenek Calment meninggal dua tahun kemudian pada usia 122 tahun. Dia tetap menjadi orang tertua yang pernah hidup - setidaknya yang telah diverifikasi.

Menurut PBB, diperkirakan ada 593.000 orang berusia 100 tahun atau lebih pada tahun 2021, dan angkanya naik dari 353.000 satu dekade sebelumnya.

Jumlah centenarian, atau manusia yang hidup lebih dari seratus tahun dan saat ini masih hidup, diperkirakan akan meningkat lebih dari dua kali lipat selama dekade berikutnya, menurut badan data Statista.

Comte de Buffon mungkin juga terkejut dengan munculnya supercentenarian, atau orang berusia 110 tahun atau lebih, yang jumlahnya meningkat sejak 1980-an.

Batas Alami Usia Manusia

Jadi seberapa jauh kita bisa pergi? Para ilmuwan tidak setuju, dengan beberapa menyatakan umur spesies manusia dibatasi oleh batasan biologis yang ketat.

Tahun 2016, ahli genetika yang menulis di jurnal Nature mengatakan tidak ada peningkatan umur panjang manusia sejak akhir 1990-an.

Menganalisis data demografis global, mereka menemukan umur maksimum manusia menurun sejak kematian Calment, meskipun ada lebih banyak orang lanjut usia di dunia.

Baca Juga: Bukan Pake Huu Hah Hah, Begini Cara Benar Ngebersihin Kacamata

"Mereka menyimpulkan umur manusia punya batas alami dan umur panjang terbatas sekitar 115 tahun," kata ahli demografi Prancis Jean-Marie Robine seperti dikutip France24.

"Tetapi hipotesis ini sebagian dibantah oleh banyak ahli demografi," kata Robine, spesialis centenarian di institut penelitian medis INSERM.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest