Follow Us

Sosok Dibalik Citra Punk Legendaris Sex Pistols, Vivienne Westwood Meninggal Dunia di Usia 81 Tahun

Tanya Audriatika - Jumat, 30 Desember 2022 | 14:21
Fashion designer legendaris Sex Pistols, Vivienne Westwood meninggal dunia di usia 81 tahun.
instagram.com/viviennewestwood

Fashion designer legendaris Sex Pistols, Vivienne Westwood meninggal dunia di usia 81 tahun.

HAI-Online.com - Berita duka datang dari fashion designer legendaris Sex Pistols, Vivienne Westwood, yang meninggal pada Kamis (29/12/2022) di usia 81 tahun.

“29 Desember 2022. Vivienne Westwood meninggal dunia hari ini, dengan damai, dan dikelilingi oleh keluarganya, di Clapham, London Selatan.

"Dunia membutuhkan orang-orang seperti Vivienne untuk membuat perubahan yang lebih baik,” tulis akun Twitter rumah modenya, @FollowWestwood, Jumat (30/12/2022).

Vivienne Westwood ini pertama kali dikenal dengan rambut oranye atau putihnya dan namanya terkenal lewat fashion punk di London tahun 1970-an.

Fashion designer dengan nama asli Vivienne Isabel Swire, saat itu juga mendandani band punk rock Sex Pistols bersama managernya, Malcolm McLaren.

Dan hasilnya, Sex Pistols dicap sebagai band fashionable pada era-nya saat itu.

Baca Juga: Ngaku Fans Berat Sex Pistols? Simak 3 Fakta Tentang Band Punk Ini!

Saat itu keduanya menentang tren hippie dan menjual pakaian yang terinspirasi dari rock n roll, seperti yang dilansir melalui Reuters.

Mereka beralih ke pakaian robek yang dihiasi rantai serta lateks dan potongan jimat yang mereka jual di toko mereka di King’s Road London dengan berbagai nama, di antaranya “Let It Rock”, “SEX”, dan “Seditionaries”.

Keduanya desain menggunakan cetakan swatika, payudara, dan yang paling terkenal, gambar ratu dengan peniti di bibirnya.

Item favoritnya yakni T-shirt hitam tanpa lengan, studded, dengan ritsleting serta peniti atau tulang ayam yang di bleach.

“Nggak ada punk sebelum saya dan Malcolm.”

“Dan hal lain yang harus kalian tahu soal punk juga: it was a total blast,” ujar Vivienne Westwood dalam biografinya.

Bahkan, kini gaya berpakaian Sex Pistols yang nyentrik itu jadi referensi beberapa musisi dunia seperti Machine Gun Kelly, Yungblud, dan MOD SUN. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest