Follow Us

Viral Tweet Risiko Buang Ingus Terlalu Keras, Emang Bener Bahaya?

Reinaldy Royani - Sabtu, 19 November 2022 | 18:05
Risiko membuang ingus terlalu keras
Flickr

Risiko membuang ingus terlalu keras

HAI-ONLINE.COM - Sebuah utas yang membagikan soal risiko dan bahaya membuang ingus terlalu keras viral di media sosial Twitter, emang bener bahaya ya?

Cuitan ini ditulis oleh akun @Lqrqs pada Kamis (17/11/2022) pagi.

"Guys hati2 kalo lagi flu dan hidung mampet, jgn dipaksa blowing your nose ya. Bakteri dan virusnya bisa nyebar ke kuping trs radang dan infeksi," tulisnya.

Baca Juga: Bukan Tanpa Alasan, Ternyata Ini Penyebab Hidung Keluarkan Ingus Saat Makan Pedas

Sampai dilarikan ke UGD!

Ia juga menceritakan pengalaman keluarganya yang harus dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) karena pada dini hari mengeluhkan telinganya yang sakit.

Saat diperiksa, dokter mengatakan bahwa gendang telinga tersebut berwarna merah khas radang yang diikuti dengan adanya cairan menyerupai dahak.

Beberapa warga Twitter pun turut berkomentar dan sebagian dari mereka baru ngeh soal bahaya mengeluarkan ingus dengan paksa. Dan ada juga yangmengaku pernah mengalami pengalaman serupa.

"Beberapa waktu lalu, ingusku nyumbat telinga sampe literally budeg. Alhasil dibawa ke THT dan disedot tuh ingus pake selang dr gendang telinga (disobek). Jadi kalo pilek emang harus dikeluarin ingusnya. Jgn dibiasain disedot2," balas salah satu netizen.

Penjelasan dokter

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest