Follow Us

Kelebihan Kafein Bisa Bahayakan Tubuh, Ini Cara Mengatasinya!

Dok Grid - Selasa, 23 April 2024 | 14:15
Ilustrasi kopi, minuman yang mengandung zat kafein
Hello sehat

Ilustrasi kopi, minuman yang mengandung zat kafein

HAI-ONLINE.COM - Memang nggak bisa dipungkiri bahwa mengonsumsi kafein sudah menjadi bagian dari keseharian beberapa orang. Lo bisa bayangin seharian bekerja tanpa meminum kopi, pasti akan berat dan bikin tubuh jadi lemas.

Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang ada dalam kopi yang merupakan stimulan. Dengan zat ini, orang akan bisa menjadi lebih waspada dan tetap terjaga. Namun ternyata ada juga resiko yang dikandungnya jika dikonsumsi secara berlebihan apalagi di waktu yang nggak tepat.

Saah satunya adalah mengganggu kualitas dan keteraturan jam tidur. Pasalnya, kafein memblokir reseptor adenosin di otak yang berfungsi memberi sinyal pada tubuh agar kita merasakan kantuk. Meminum kopi 6 jam sebelum tidur dapat berisiko menggangu jadwal istirahat tubuh.

Baca Juga: Mengintip Kebiasaan Nicholas Saputra Menikmati Kopi di Pagi dan Sore Hari

Menurut Deborah Cohen, profesor di Department of Clinical and Preventive Nutrition Sciences di Rutgers University, dibutuhkan waktu sekitar 10 jam agar kafein di dalam tubuh bisa sepenuhnya menghilang.

Karena ada berbagai macam reaksi terhadap kafein, penting untuk memerhatikan bagaimana perasaan tubuh setelah menelan kafein dan mengelola kafein sesuai kebutuhan tubuh kita.

Tetapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengelola gejala konsumsi kafein berlebihan, menurut Amanda E. Wright, dokter penyakit dalam dan ketua Virtual Care Team di Eden Health salah satunya jika sudah mengalami gejala, hindari semua makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti cokelat atau teh.

Baca Juga: Hobi Ngopi di Pagi Hari? Waspadai 4 Potensi Efek Sampingnya

Lalu konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak karena dehidrasi dapat memperparah kegelisahan akibat kafein.

Kemudian lakukan olahraga secara teratur agar dapat merasakan lelah di malam hari dan melakukan latihan pernapasan dalam untuk relaksasi.

(*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest