Follow Us

Mobil Lawas, Nyetir Hemat

Adhie Sathya - Selasa, 16 September 2014 | 04:37
Mobil Lawas Nyetir Hemat
Adhie Sathya

Mobil Lawas Nyetir Hemat

Kalo kita berkendara dan nongkrong di kota-kota dijamin bakal ngeluarin banyak duit untuk bensin. Secara gitu habit-nya anak muda suka jadi selonong boy alias salip menyalip di jalanan macet. Lihat celah dikit langsung jos!

Menyetir dengan cara dan gaya seperti itu bikin kita tekor sendiri lho. Soalnya kita bakal sering gas, rem, gas, rem. Kalo kata Pak Jusri, biarpun mobil lo hybrid sekalipun, tapi perilaku mengemudinya nggak bener ya bensin lo bakal boros.

Intinya kata instruktur berkendara yang udah lama berkecimpung di dunia otomotif ini bilang sikap kita sebagai pengemudi harus diperbaiki dulu deh. Gimana caranya? Nih katanya :

Cek Keadaan Mobil

Kayak gini suka nggak diperhatiin sama kita. Seperti cek ban, cek filter mobil, knalpot juga jangan lupa dicek. Semua harus dalam keadaan bagus.

Bikin Plan Rute Perjalanan!

Rencanain rute perjalanan sebelum berangkat ke tujuan, jangan asal jalan dan kalau macet baru putar balik. Itu bisa ngulang perjalanan dan makan bensin lagi.

"Yang kayak gitu aja bikin BBM boros, apalagi kalau macet di mana harus gas terus rem terus. Makanya konsumsi BBM di dalam kota itu sangat boros," tegas Pak Jusri.

Hindari Manuver Ekstrem

Hindari manuver-manuver ekstrem, seperti rem mendadak atau ngebut menerjang lampu kuning yang baru akan berubah jadi lampu merah. BBM kita bakal terkuras banget soalnya gara-gara perilaku kayak gitu!

Perhatikan Beban di Mobil!

Pastikan beban di mobil nggak melebihi batas maksimal. Biar kalau kita ngegas nggak ada beban yang menghambat.

"Hindari deh bawa barang-barang yang nggak dibutuhkan, soalnya beban ngaruh banget ke bahan bakar," saran Pak Jusri.

Selain bisa menghemat BBM dengan tips dari Pak Jusri, kita bisa pakai teknologi canggih yang bisa lo pakai di mobil lawas lo, kalau belum bisa ganti mobil baru yang udah pakai teknologi ramah lingkungan. Makanya, yuk guys ikuti cerita lebih lengkapnya cuma di Majalah HAI 37 Edisi Khusus Otomotif yang terbit 15-21 September 2014 guys!

Editor : Adhie Sathya

Baca Lainnya

Latest