Follow Us

Kiamat Akan Terjadi Karena Big Rip?

iamalvin - Rabu, 08 Juli 2015 | 11:10
Kiamat Akan Terjadi Karena Big Rip
iamalvin

Kiamat Akan Terjadi Karena Big Rip

Ilmuwan telah punya konsensus tentang awal dari alam semesta, yaitu lewat Big Bang pada 13,8 miliar tahun lalu. Namun, tentang akhir zaman, hingga saat ini, ilmuwan masih meraba-raba. Kabarnya, kiamat akan terjadi karena Big Rip.

Pemodelan teoretis terbaru yang dilakukan oleh Marcelo D Disconzi dari Departemen Matematika, Vanderbilt University, Nashville, Amerika Serikat, mengungkap, alam semesta kemungkinan akan berakhir lewat skenario Big Rip.

"Gagasan tentang Big Rip pada dasarnya adalah bahwa pada akhirnya, penyusun materi pun akan terpisahkan. Anda akan melihat atom terkoyak. Ini bisa dikatakan skenario yang dramatis," kata Disconzi.

Ada "kekuatan-kekuatan tersembunyi" di alam semesta, di antaranya adalah gravitasi dan materi gelap. Keberadaan materi gelap, demikian disebut karena bahkan sampai saat ini belum ditemukan keberadaannya, membuat alam semesta mengembang.

Bukti dari pengembangan alam semesta adalah hasil observasi pada supernova yang jaraknya jauh dari Bumi. Semakin jauh supernova, warnanya semakin merah sebab cahaya telah dibiaskan seiring perjalanannya mengarungi ruang dan waktu menuju manusia.

"Anda punya kompetisi antara materi gelap yang mencoba untuk mengembangkan alam semesta dan gravitasi yang cenderung memampatkannya. Pertanyaannya, siapa yang menang?" ungkap Disconzi seperti dikutip The Guardian, Kamis (2/7).

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest