Follow Us

Cara Nggak Biasa Cegah Flu

Gitarama - Kamis, 14 November 2013 | 12:11
Cara Nggak Biasa Cegah Flu
Gitarama

Cara Nggak Biasa Cegah Flu

Musim hujan tiba, risiko penyakit seperti flu umumnya meningkat. Kalau nggak menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, lo bisa saja terserang penyakit yang satu itu.

Dr Woodson Merrell, direktur Beth Israel Medical Center untuk Pusat Kesehatan dan Penyembuhan di New York mengatakan, untuk mencegah terkena flu, ada beberapa cara tak umum yang mungkin dapat dilakukan. Berikut penjabaran dari Merrell.

Hirup uap mentol Kedengarannya mungkin jadul, tetapi menurut Merrell, ini adalah cara yang efektif dalam mencegah ataupun mengobati flu. "Mentol dapat berperan sebagai ekspektoran, dekongestan yang dapat membantu melawan infeksi, baik demam maupun flu," jelasnya.

Bergeraklah

Penelitian menunjukkan, olahraga ringan hingga sedang yang dilakukan setiap hari dapat mengurangi risiko terinfeksi flu hingga sepertiganya. Sebuah studi yang dipublikasi dalam Science in Sport & Exercise menghitung laju infeksi pada 641 orang yang dikelompokkan menjadi tidak aktif dan aktif sedang. Hasilnya, mereka yang aktif lebih sulit terkena infeksi hingga 33 persen dibandingkan yang tidak aktif.

Perbanyak makan sayur dan buah

Menurut Merrell, makanan berbasis tanaman akan membuat lo lebih sehat dibandingkan yang berbasis hewan. Dia mengatakan, ini karena makanan berbasis tumbuhan kaya akan fitonutrien yang memegang peran penting dalam menjaga kesehatan dan melawan penyakit.

Cuci tangan dan jangan sentuh wajah

Saat jatuh sakit artinya virus telah memasuki sistem tubuh melalui celah-celah seperti lewat mata, mulut, ataupun hidung. Maka setiap Anda menyentuh bagian-bagian tersebut dengan tangan yang kotor, Anda meningkatkan risiko untuk jatuh sakit.

Konsumsi madu

Madu memiliki senyawa antimikroba yang penting untuk melawan infeksi. Merrell menyarankan untuk memasukkan madu ke dalam minuman seperti teh panas, smoothies, hingga makanan seperti oatmeal.

Sumber: Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest