Follow Us

Akrab Sama Bulu-Bulu

- Rabu, 06 November 2013 | 10:24
Akrab Sama Bulu Bulu
Hai Online

Akrab Sama Bulu Bulu

Hampir seluruh tubuh kita ditumbuhi rambut. Ada yang halus, kasar, panjang, pendek, lurus, dan keriting. Tapi, sejauh apa lo mengenal mereka? Yuk akrab deh sama rambut-rambut ciptaan Tuhan.

Yap, karena Tuhan beneran nyiptain bulu alias rambut di tubuh kita bykan cuma buat "aksesoris", Broh! Rambut juga punya fungsi menahan keringat dan melindungi kita dari gesekan yang bisa bikin lecet di bagian-bagian tertentu. Ibarat lahan tandus, kalau ada pohon-pohonnya nggak bakalan ada yang kepeleset. Selalu ada tempat buat bernaung. Halah!

Nah, supaya kita akrab dan kenal sama makhluk hitam dan kurus ini, HAI udah ngobrol sama dr. Samuel L. Simon, SpKK, dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RS Omni Internasional. Silakan dibaca, Broh!

Pernah bingung gara-gara ketikan lo nggak ditumbuhi rambut, sementara teman lo justru lebat banget naudzubillah? Nah, gitu juga dengan rambut di sekitar kemaluan. Tenang, Bro! Don't matter, menurut dr. Samuel, karakteristik rambut di tubuh kita sangat dipengaruhi faktor genetis.

"Jadi kalo rambutnya nggak tumbuh, mungkin gennya emang begitu. Bukan kelainan! Lagian, rambut yang tumbuh juga nggak akan menimbulkan efek negatif buat kesehatan," kata dr. Samuel.

Well, kalo soal rambut "nyasar"? Contoh, rambut cuma sehelai, warnanya putih, panjang, yang tiba-tiba mencolok di pipi, betis, leher... Apaan tuh ya?

"Oh itu sih folikel rambut yang udah terbentuk sejak kita masih berbentuk embrio. Kalo dirasa mengganggu ya cabut aja!" Ujar Pak dokter, santai berarti boleh dicabut!

Ohh ya, rambut nyasar tadi sama nggak dengan rambut yang suka numbuh di tompel?

"Hampir mirip. Bedanya, kalo rambut yang tumbuh di tompel itu saat kita masih berbentuk embrio, sel melanin dan folikel rambut ada yang jadi satu tempatnya," katanya lagi.

Oke, pertanyaan selanjutnya gimana cara membasmi rambut yang nggak diinginkan? Jawabannya gampang. Bisa dengan alat cukur, wax, laser atau IPL (Intense Pulse Light), electrocauter, dan sebagainya.

Nah yang rada susah tuh kalo numbuhin rambut di tempat yang "botak"! Tahun 2009, belum ditemukan penemuan alat penumbuh rambut yang mujarab. Meski iklan banyak, tapi buktinya masih secuil.

"'Kebotakan' itu disebabkan oleh faktor hormon dan keturunan. Makanya, nggak ada obat atau minyak apapun yang bisa bikin rambut tumbuh," tandas dokter Samuel.

Tapi tahun 2013, sudah banyak obat-obatan alami maupun canggih yang bisa menumbuhkan rambut dalam waktu sekejab. Tapi ingat, kalau jenis tubuh kita adalah keturunan mulus alias nggak berambut, misal di wajah. Maka nggak usah maksa mau punya cambang atau janggut di sekitar wajah, atau juga maksa buat punya bulu di dada.

Tuhan udah nyiptain kita sedemikian rupa. Jadi syukuri, dan rawatlah dengan benar. Lagian, ada tipe cewek yang suka cowok berbulu, ada juga yang nggak. Nah, giliran kita tinggal cari cewek yang bisa menerima kita apa adanya. Bukan ada bulunya apa nggak?

Tapi bagi yang ada bulunya, bersyukur! Karena ini ada beberapa manfaatnya. Yang nggak ada, sekali lagi jangan khawatir, mungkin kulit kamu sudah sesuai, sehingga nggak perlu tambahan bulu di sekujurnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest