Follow Us

Rekomendasi Lagu Rock Oasis yang Pernah Kena Kasus Plagiarisme, Bonehead: Kita Ngaco, Mereka Pantes Nuntut Kita

Nada Aprillia - Minggu, 09 Oktober 2022 | 19:15
Rekomendasi lagu rock dari Oasis
Redferns

Rekomendasi lagu rock dari Oasis

HAI-ONLINE.COM - Kasus plagiarisme pada lagu pasti jadi hal yang nggak di pengen oleh musisi, tapi ada nih rekomendasi lagu rock dari Oasis yang pernah kena kasus plagiarisme.

Baik sengaja ataupun nggak, kalo lagu lo mirip sama karya musisi terdahulu atau yang udah ada, pasti bikin tengsin.

Namun apa daya, sekelas Oasis pun pernah melalui persoalan itu sob.

Pada 1994, Oasis ngerilis album debut bersama dengan lagunya bertajuk 'Shakermaker' yang ternyata mirip sama lagunya The New Seekers, band pop 70an asal Inggris, yang berjudul 'I'd Like to Teach the World to Sing' (1971).

Baca Juga: Ngasih yang Agak Underground, Ini DIa Rekomendasi Lagu Rock dari Ten 2 Five

Hal itu disadari oleh para penggemar sesaat setelah lagu 'Shakermaker' dirilis oleh Oasis, di mana penggemar mulai ngelihat kesamaan yang nggak terlalu ketara anatara materi mereka dan lagu The New Seekers itu.

FYI, lagu lama dari The New Seekers itupun ternyata pertama muncul di jingle radio untuk Coca-Cola, yang kemudian menjadi lagu komersial dan full-length hingga memuncaki UK Chart di 1971.

Baca Juga: Rekomendasi Lagu Rock dari Cast Film Horor 'Qodrat', Maudy Effrosina: Suka Banget Dengerin Paramore, Sampai Masuk Majalah HAI 2012 karena Nonton Konsernya!

Dikutip dari Far Out Magazine, awalnya Oasis bahkan memulai lagu mereka itu dengan lirik "I’d like to teach the world to sing, in perfect harmony", yang tertuju langsung pada judul lagu yang diduga Oasis tiru.

Untuk hal itu, Paul Arthurs atau yang dikenal sebagai Bonehead pun angkat bicara saat itu.

"Kita ngaco, jadi mereka emang berhak sih nuntut kita. Cukup adil. Orang bakal nyuri dari band lain kemudian mengubah liriknya. Kita pun melakukan hal yang sama, tapi kita tetep memakai beberapa lirik yang sama," jelas Bonehead dalam wawancarnya bersama Far Out Magazine.

(*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular