Follow Us

Kulit Leher Item dan Dekil Bikin Nggak Pede? Ini Cara Mengatasinya!

Reinaldy Royani - Kamis, 06 Oktober 2022 | 16:00
Leher item bikin nggak pede? Ini cara memutihkannya!
Flickr

Leher item bikin nggak pede? Ini cara memutihkannya!

HAI-ONLINE.COM – Duh siapa sih yang nggak keganggu kalo leher bagian belakang menghitam. Pastinya semua orang yang mengalaminya nggak pede, mana nggak bisa tahu langsung dan dikasih tahu temen lagi, duh tengsin dan bikin nggak pede sob!

Udah gitu, biasanya yang lehernya item dan dekil sering dianggap nggak ngejaga kebersihan tubuh meskipun hal ini juga bisa diasari karena masalah kesehatan.

Pasti lo pada nggak mau kan kelihatan dekil karena kulit leher lo menghitam? Ternyata ada cara memulihkannya loh! Apa aja emang?

Penyebab leher menghitam

Dilansir dari Kompas Health, leher yang menghitam biasanya disertai beberapa gejala, seperti kulit yang menebal, terasa seperti berbulu ketika disentuh, termasuk muncul rasa gatal. Nah, kondisi ini bisa disebabin oleh beberapa faktor seperti yang berikut ini:

  1. Acanthosis nigricans
Acanthosis nigricans adalah kondisi yang menyebabkan kulit terlihat gelap, menebal, dan terasa seperti berbulu. Tanda-tanda tersebut bisa muncul bagian tubuh lain di samping leher, seperti ketika dan selangkangan.

Acanthosis nigricans dapat diatasi dengan retinoid atau krim vitamin D.

Baca Juga: Mengenal Serum Wajah: Mulai dari Manfaat, Jenis, dan Cara Pakainya

  1. Dermatitis neglecta
Dermatitis neglecta adalah suatu kondisi ketika kulit berubah warna karena nggak dibersihkan secara benar dan menyeluruh.

Untungnya, kondisi leher menghitam karena dermatitis neglecta bisa dibersihin dengan cara menggosok kulit leher dengan sabun, air, dan alkohol.

  1. Pigmentasi kulit
Hiperpigmentasi kulit dapat terjadi sebagai akibat dari penggunaan beberapa obat, termasuk namun tidak terbatas.

Ketika hiperpigmentasi terjadi, muncul perubahan warna di bagian tubuh mana saja, termasuk leher. Warna hiperpigmentasi berkisar dari coklat tua sampe hitam. Biasanya perubahan warna ini akan hilang setelah pemakaian obatnya dihentikan. Namun, nggak menutup kemungkinan perubahan warna berlangsung lama atau bahkan permanen.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest