Follow Us

Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada

- Selasa, 21 April 2015 | 05:15
Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada
Hai Online

Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Madapada awal diselenggarakannya pendidikan tinggi telah mempertimbangan bahwa Indonesia sebagai negara yang kaya sumber daya alam, termasuk flora dan fauna, perlu sekali mengembangkan Biologi sebagai ilmu dasar yang kuat, untuk menunjang pengembangan ilmu lain yang terkait dengan sistem hayati. Untuk itu, Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) didirikan sebagai institusi pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan sarjana biologi berkualitas.

Awalnya, Fakultas Biologi UGM masuk dalam Pendidikan Tinggi Biologi tyang merupakan bagian dari pendidikan Baccalaureat Biologi pada Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi UGM. Namun kemudian, secara resmi Fakultas Biologi UGM didirikan pada tanggal 19 September 1955 berdasarkan SK Mentri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan RI No. 53759/Kb, tertanggal 15 September 1955.

Modal pertama Fakultas ini berupa dua seksi, yaitu Seksi Zoologi, yang semula merupakan bagian Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi UGM, serta Seksi Botani, yang semula merupakan bagian Fakultas Pertanian dan Kehutanan UGM.

Dengan bekal pengetahuan biologi moderen yang diterapkan Fakultas Biologi UGM, sesuai tujuannya Fakultas ini ingin mahasiswa Biologi UGM sanggup berperan dan menerapkan ilmunya dalam biodiversitas dan bioteknologi, seperti biosistematik dan evolusi, biologi perkembangan, biologi sel dan molecular, biologi mikrobia, dan biologi lingkungan.

Fakultas Biologi UGM telah memiliki alumni yang tersebar di seluruh penjuru tanah air pada berbagai bidang profesi, baik sebagai pengajar maupun peneliti di berbagai perguruan tinggi maupun lembaga penelitian serta sebagai staf ahli di berbagai instansi pemerintah, dan industri milik pemerintah atau swasta. Hal tersebut membuktikan bahwa ahli Biologi diperlukan dan mempunyai peran dalam pembangunan.

Jurusan/Program Studi di Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM)

Dari awal berdiri hingga tahun 1979, Fakultas Biologi menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana muda (B.Sc.) yang dapat ditempuh selama tiga tahun, kemudian dilanjutkan ke tingkat sarjana (Drs.) yang dapat ditempuh selama dua tahun. Sejak tahun 1980, pendidikan tingkat sarjana muda dan sarjana diganti dengan program sarjana strata 1 (S1) dengan sistem kredit semester dan dapat diselesaikan dalam waktu empat tahun. Kini, Fakultas Biologi UGM memiliki setidaknya tiga program untuk jenjang yang berbeda:

Program S1: Jurusan BiologiProgram S2: Jurusan BiologiProgram S3: Jurusan Ilmu Biologi

Fasilitas Fakultas Biologi

Fakultas Biologi UGM dilengkapi berbagai fasilitas termasuk fasilitas praktis yang dapat membantu mahasiswa dalam praktik, baik di laboratorium maupun di lapangan, sehingga memungkinkan mereka mudah menyerap segala proses pembelajaran yang diselenggarakan.

Fasilitas penting yang ada meliputi Gedung Administrasi yang dilengkapi dengan ruang seminar atau ruang pertemuan; Gedung Perkuliahan termasuk ruang dosen, ruang kuliah, laboratorium untuk pendidikan dan penelitian dan perpustakaan.

Fasilitas lainnya ada rumah kaca, Kebun Percobaan Pengembangan Ulat Sutera yang terletak di Sawitsari, Kebun Biologi dan juga Museum Biologi yang terletak di jalan Sultan Agung Jogyakarta.

Khusus untuk perpustakaan Fakultas Biologi UGM tersedia beberapa ruang, meliputi ruang baca, ruang untuk koleksi textbook, presiding seminar, laporan penelitian, skripsi, jurnal atau buletin maupun surat kabar. Selain itu, juga dilengkapi dengan mesin fotokopi dan CD-ROM.

Kampus Fakultas Biologi UGM di Jalan Teknika Selatan, Yogjakarta 55281Telepon: (0274) 902350, 902351, 902354, 580839Fax.: (0274) 580589,Email: biologi-ugm@ugm.ac.id

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest