Follow Us

Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (FPsi UI) - Pionir Fakultas Ilmu Kejiwaan Manusia

- Jumat, 27 Maret 2015 | 04:31
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia FPsi UI Pionir Fakultas Ilmu Kejiwaan Manusia
Hai Online

Fakultas Psikologi Universitas Indonesia FPsi UI Pionir Fakultas Ilmu Kejiwaan Manusia

Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (FPsi UI) menjadi pioner penyelenggara pendidikan ilmu kejiwaan manusia di Indonesia.

Menjadi Fakultas Psikologi yang pertama kali berdiri di Indonesia dan eksis hingga saat ini, fakultas ini menjadi acuan pengembangan fakultas-fakultas psikologi lain di Indonesia. Keberadaan fakultas ini menjadikan jaminan adanya salah satu universitas dengan kredibilitas yang bisa dipercaya sehingga membuat banyak orang yakin bahwa hasil tes psikologi yang diberikan oleh UI bisa dianggap sebagai hasil yang realibilitas dan vailiditasnya dianggap benar atau mendekati kebenaran.

Menjadi yang pertama dalam mengembangkan ilmu Psikologi, UI terus memberikan pembenaran atas cabang ilmu pengetahuan yang saat ini sering disalah-kaprahkan. Misalnya ada banyak pendekatan yang kurang tepat mengenai ini, beberapa di antaranya mengetengahkan seakan-akan psikologi adalah ilmu yang mempelajari orang gila atau ilmu yang menanggulangi masalah stres dalam diri manusia. Padahal Psikologi itu mempelajari manusia dan banyak hal. Luasnya bahasan dalam ilmu dari cabang satu ini, telah membuat banyak orang berusaha mempelajarinya.

Fakultas Psikologi pun bisa dikatakan sebagai salah satu fakultas favorit yang diserbu oleh banyak calon mahasiswa. Uniknya apa yang ditawarkan oleh ilmu Psikologi, membukakan banyak jalan bagi para lulusannya. Lebih lanjut, Fakultas Psikologi UI adalah fakultas yang mempelajari ilmu mengenai tingkah laku manusia agar dapat memberikan penjelasan dan gambaran tentang perilaku manusia sekaligus membuat prediksi tentang kemungkinan terjadinya suatu perilaku serta melakukan modifikasi perilaku.

Nah, tingkah laku manusia yang dipelajari di FPsi UI ini melingkupi hal-hal yang covert / tidak terlihat karena letaknya ada didalam tubuh, dan juga yang overt / terlihat secara langsung oleh indera pengelihatan. Beberapa contohnya yaitu, proses mental dan perilaku; sensasi dan persepsi; proses-proses belajar, intelegensi, dan kognisi; motivasi, cinta, dan, emosi; tipe-tipe kepribadian; gangguan-gangguan psikologis dan penanganannya; hubungan interpersonal; dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua itu dipelajari dalam beberapa mata kuliah seperti Psikologi Umum, Psikologi Abnormal, Metodologi Penelitian dan Statistik, Psikologi Perkembangan, Psikologi Kepribadian, Psikologi Industri dan Organisasi, Asesmen Klinis, Psikologi Anak Berbakat, dan lain-lain.

Saat ini FPsi UI memiliki 6 bidang studi yang merupakan perwujudan cabang-cabang psikologi, yakni:

Psikologi PerkembanganPsikologi PendidikanPsikologi Umum & EksperimentalPsikologi Industri & OrganisasiPsikologi Klinis, sertaPsikologi Sosial.

Psikologi Perkembangan

Psikologi Pendidikan

Psikologi Umum & Eksperimental

Psikologi Industri & Organisasi

Halaman Selanjutnya

Psikologi Klinis, serta
1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest